Kementerian PUPR Kebut Infrastruktur Danau Toba

Bagikan:
Danau Toba.

NewTapanuli.com, Jakarta – Dabnau Toba masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Pembangunan infrastrukturnya pun dikebut. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengerjakan proyek infrastruktur besar-besaran di Sumatera Utara (Sumut) untuk mendukung Danau Toba menjadi destinasi internasional.

Berbagai pembangunan sudah kelihatan progresnya. Sebut saja jalan tol Medan-Tebingtinggi yang memangkas waktu tempuh menuju kawasan Danau Toba.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konektifitas menuju Danau Toba harus efektif. Pihaknya mendukung pembangunan infrastruktur transporrasi baik darat dan udara.

“Kalau prioritas di Sumatera Utara masih di Danau Toba untuk pengembangan pariwisata. Kami banyak program di sana,” ucap Basuki Hadimuljono kepada wartawan usai membuka acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia ke-35 di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Jumat (7/9).

Dengan konektifitas itu, wisatawan nusantara dan mancanegara tinggal memilih. Apakah akan melalui jalur darat atau udara. “Karena kawasanan Danau Toba ada Bandara Silangit, Bandara Sibisa, ada Bandara Kualanamu. Dari Bandara Kualanamu ada konektifitas ke Danau Toba,” ujar Basuki.

Kementerian PUPR juga tengah melakukan penataan di kawasan Danau Toba. Itu dilakukan agar potensi wisata di sana bisa efektif.

“Danau Toba sendiri kami garap, akan besar-besaran. Satu, konektifitas jalannya. Kedua, untuk wisata airnya, jembatannya, air bersihnya dan sanitasinya. Ketiga, penataan rumahnya. Kami rehab untuk dijadikan tempat wisata etnis,” tutur Basuki.

Realisasi pembangunan infrastruktur Dana Toba sudah berjalan sejak 2018 hingga 2019 mendatang. Pengerjaan dilakukan secara bertahap. (pra/jpc/nt)

Bagikan:
Loading...