Korban Selamat KM Sinar Bangun Terima Santunan Rp2,5 Juta

Bagikan:
Mensos Idrus Marham dan Bupati Simalungun JR Saragih saat di Tigaras memberikan santunan.

NewTapanuli.com, Tigaras – Ahli waris 140 korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Perairan Danau Toba, secara bertahap akan menerima santunan dari Kementrian Sosial sebesar Rp15 Juta. Sementara 18 yang selamat akan menerima Rp2,5 juta.

Usai menyerahkan santunan secara simbolis serta menyapa keluarga korban, Menteri Sosial Idrus Marham didampingi Bupati Simalungun JR Saragih menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang bekerja keras untuk melakukan pencarian, dan pendataan, hingga penyerahan santunan.

Dalam kesempatan itu Idrus Marham menyampaikan turut berduka atas nama pemerintah, dan berharap keluarga besar korban mengiklaskan dari dalam hati.

Sementara Bupati Simalungun JR Saragih menambahkan, pihaknya sudah mengusulkan kepada pemerintah agar seluruh keluarga 164 korban dapat menerima santunan. Namun hingga saat ini, merujuk peraturan, sebanyak korban tidak memiliki ahli waris tingkat pertama yakni orangtua atau anak dari korban. Sebab ada korban yang meninggal merupakan satu keluarga.

Sementara pihak BRI dan Kementrian Sosial yang menyampaikan teknis menyampaian santunan, menjelaskan, santunan senilai Rp3 Miliar lebih sudah berada di rekening BRI dan siap disalurkan setelah seluruh syarat pencairan dilengkapi pewaris.

“Untuk wilayah Simalungun, Kota Siantar dan Samosir dapat mengambil di BRI Cabang Pematangsiantar. Sementara untuk daerah lain, dapat mengambil di BRI terdekat sesuai dengan alamat korban,” kata seorang pria yang merupakan wakil pihak BRI.

Bagikan:
Loading...