Dinas Kesehatan Sosialisasi Germas Melalui Pelajar

Bagikan:
Pelaksanaan lomba senam Germas di halaman kantor Dinas Kesehatan Sibolga, Rabu (7/11). (TOGA SIANTURI/NEW TAPANULI)

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Kesehatan mensosialisasikan Gerakan Masyarakat (Germas) melalui pelajar. Salah satunya yakni dengan menggelar lomba senam Germas bagi pelajar tingkat SLTA sederajat, Rabu (7/11) di lokasi kantor Dinkes Kota Sibolga.

Plt. Kadis Kesehatan Kota Sibolga, Firmansyah Hulu mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan serangkaian menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018 di Kota Sibolga.

“Sehingga kita melibatkan pelajar dari 10 sekolah dalam kegiatan itu dengan harapan para pelajar ini sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mensosialisasikan germas baik di sekolah masing-masing maupun di masyarakat,” kata Firmansyah yang saat itu didampingi Ketua Panitia HKN ke 54, dr Ivonna Hasfika.

Firmansyah menjelaskan, masyarakat sehat itu adalah warga yang melakukan aktifitas fisik secara nyata, termasuk salah satunya melakukan lombas senam Germas untuk tingkat pelajar.

“Harapan kita, Germas ini bisa secara merata tersosialisasi kepada khalayak ramai,” imbuhnya.

Tak hanya senam Germas, lanjutnya, serangkaian HKN ke 54 mendatang pihaknya juga sudah menggelar berbagai kegiatan diantaranya lomba Posyandu balita dan anak.
“Kemudian ada juga lomba bayi sehat, lingkungan bersih, tenaga kerja kesehatan, PHBS, IDI Idol. Hal itu sekaitan dengan tema HKN tahun ini yakni, aku cinta sehat, ayo hidup sehat mulai dari kita,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Firmansyah menekankan berbagai perlombaan itu merupakan salah satu cara mempromosikan pola hidup sehat dan diharapkan bisa berkelanjutan di tahun mendatang.

“Sebab Salah satu program prioritas pemerintah yakni mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Dan jangan dilupakan, faktor lingkungan dan perilaku juga sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat,” tandasnya seraya mengajak masyarakat menerapkan moral hidup sehat.

Sementara, dalam lomba senam Germas itu posisi Juara 1 diraih SMA Swasta Tri Ratna, disusul MTs. Darur Rachmad dan juara III diraih SMA Swasta HKBP. (ts/rb/nt)

Bagikan:
Loading...