Cuaca Buruk, Pasokan Ikan Sedikit, Harga Nelambung

Bagikan:
Pedagang ikan di Pasar Mina Nauli.

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak sepekan terakhir, mengakibatkan nelayan kesulitan menangkap ikan. Pasokan yang sedikit membuat harga ikan di Sibolga dan sekitarnya ikut melambung tinggi.

Harun (45), salah seorang pedagang ikan Pasar Mina Nauli Sibolga mengatakan, kondisi tersebut sudah terjadi sejak seminggu terakhir. “Pasokan berkurang, karena badai. Para nelayanpun tidak melaut, sehingga harga ikan jadi naik,” kata Harun, Selasa (10/7).

Kenaikan harga ikan laut sangat signifikan. Naik sekitar Rp5 ribu hingga Rp30 ribu per kg.

“Seperti ikan gambolo atau gembung dari Rp32 ribu per kg kini naik menjadi Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kg. Ikan gabus dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kg. Sedangkan jenis Ikan Kerapu dari Rp50 ribu naik menjadi Rp75 ribu per kg,” terangnya.

Kenaikan harga ikan tersebut sangat berpengaruh terhadap daya jual pedagang. Karena, harga jual pedagang disesuaikan dengan harga beli mereka dari nelayan. Bila harga beli tinggi, tentu mereka harus jual tinggi. Dan begitu juga sebaliknya, bila harga beli rendah, harga jual mereka juga akan rendah.

Harapannya sebagai pedagang ikan, kondisi cuaca ekstrim segera berlalu. Agar pasokan dan harga ikan kembali normal. Dan mereka bila berjualan dan mendapat laba seperti biasanya. “Kami berharap cuaca ekstrim ini segera berakhir, sehingga pasokan ikan melimpah dan harga kembali normal,” pungkasnya. (ts/rah/nt)

Bagikan:
Loading...