Pulang dari Warnet, Pria Ini Nyolong HP

Bagikan:
Tersangka usai menjalani pemeriksaan. (Toga Sianturi/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Seorang pria berinisial CA alias I (19) tidak berkutik saat polisi mengamankannya dari sekitar rumahnya di Jalan Kenari, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Selasa (5/2) sekira pukul 20.30 WIB. CA merupakan pelaku pencurian di rumah tetangganya Yuniarti Sinaga (25) yang terjadi pada Kamis (24/1).

Menurut Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja dalam keterangan persnya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, penangkapan CA berdasarkan laporan korban Yuniarti yang mengaku kehilangan 2 unit HP dari rumahnya. “Satu merk Oppo Y91 warna hitam dan satu lagi merk Asus warna putih. Kerugian ditaksasi sekira Rp3 juta,” kata Sormin, Jumat (8/2).

Setelah menerima laporan korban, polisi dari Polsek Sibolga Sambas kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil memperoleh identitas pelaku. Sesuai data yang diperoleh, petugas kemudian mengamankan CA dari Jalan Kenari. “Kita amankan dari sekitar rumahnya di jalan Kenari. Tersangka sedang berdiri dipinggir jalan,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan, CA membenarkan, dirinya merupakan pelaku pencurian di rumah Yuniarti. Diterangkannya sekilas kronologis kejadian. Dimana pagi itu sekira pukul 02.30 WIB, tersangka baru pulang dari warnet. Tiba di samping rumah korban, timbul niat untuk mencuri. Dia kemudian mencoba menarik jendela rumah korban. Karena hanya diikat dengan tali, jendela rumah tersebutpun berhasil dibuka. “Pulang dari warnet, di lewat dari samping rumah korban. Ditariknya jendela, terbuka. Tersangka kemudian masuk kedalam,” beber Sormin.

Di dalam, tersangka berhasil mengambil dua unit HP dari tempat yang berbeda. “Yang Oppo diambilnya dari atas tempat tidur. Sedangkan yang Asus dari rak pakaian,” terangnya.

Setelah berhasil menggondol barang curiannya, tersangka kemudian pergi ke sebuah warnet di jalan Jati arah laut dan menjual kedua HP tersebut. “Yang merk Oppo di jual seharga Rp700 ribu dan yang merk Asus dijual Rp35 ribu kepada orang yang identitasnya masih kita rahasiakan,” pungkas Sormin.

Menurut tersangka, uang hasil kejahatannya telah habis di foya-foyakan. “Sebagian dibuat untuk beli makanan dan rokok,” tandasnya.

Kini tersangka ditahan di RTP Mapolsek Sibolga Sambas. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3e dan 4e dari KUHPidana, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.(ts/nt)

Bagikan:
Loading...