Setetes Darah Selamatkan Jiwa Sesama

Ketua Jalasenastri saat mendonorkan darahnya.
LINE it!

NewTapanuli.com, SIBOLGA- Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Jalasenastri, yang jatuh setiap tanggal 27 Agustus, Lanal Sibolga menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah, Kamis (9/8).

Selain anggota Jalasenastri cabang 3 Korcab II DJA I, prajurit Lanal Sibolga dan juga PNS ikut ambil bagian mendonorkan darahnya. Total darah yang berhasil diperoleh sebanyak 20 kantong, yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pantauan, kegiatan tersebut melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI). Sebelum darah diambil, masing-masing peserta terlebih dahulu diperiksa HB darahnya oleh dokter yang telah disiapkan panitia. Untuk mengetahui apakah darah pendonor yang bersangkutan memadai untuk diambil. Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan golongan darah dan tensi.

“Donor darah ini adalah salah satu dari kegiatan kita, dalam rangka menyambut HUT Jalasenastri ke 72. Sebenarnya, ada sekitar 50 an yang ikut donor. Tapi, yang kesehatannya tidak memadai, tidak diambil darahnya. Jadi, yang berhasil kita ambil darahnya 20 kantong,” kata Ketua Jalasenastri cabang 3 Korcab II DJA I, Made Dwi Astuti dalam keterangan persnya.

Menurutnya, donor darah merupakan kegiatan rutin yang selalu ada setiap kegiatan peringatan HUT Jalasenastri. Karena, darah merupakan sesuatu yang sangat berharga yang dimiliki sekaligus yang dibutuhkan oleh manusia.

“Kita berfikir bahwa semua orang punya sesuatu yang bisa diberikan kepada orang lain. Salah satu yang paling berharga itu adalah darah. Makanya, kita lakukan donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan,” terang istri Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Fajar Priyanto K, S.T menjelaskan.

Selain itu, donor darah juga diketahui sangat baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, disarankan untuk donor darah rutin, minimal 6 bulan sekali. “Ini salah satu kegiatan yang sangat positif. Dapat membantu orang yang membutuhkan darah, yang lagi terbaring sakit di rumah sakit. Disamping berpahala untuk membantu orang lain, rajin donor darah sangat baik untuk kesehatan kita,” pungkasnya. (ts/rah)

 

Loading...