24 Jamaah Calon Haji Asal Sibolga Diberangkatkan

Ridwan Butarbutar/New Tapanuli
Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dan Forkopimda saat melepas 24 jamaah calon haji asal Kota Sibolga yang menunaikan ibadah haji.
LINE it!

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Walikota Sibolga HM. Syarfi Hutauruk bersama masyarakat kota Sibolga memberangkatkan jamaah calon haji asal Kota Sibolga yang menunaikan ibadah suci Haji ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi.

“Mari kita semua ikhlaskan dan berdoa kepada Allah, semoga tidak ada masalah dan seluruh jamaah calon haji sehat dan menjadi haji dan hajjah yang Mabrur,” kata Syarfi dalam sambutannya saat melepas keberangkatan sebanyak 24 jamaah calon haji, Selasa (7/8) kemarin.

Para jamaah calon haji asal kota Sibolga tersebut berangkat lewat Bandara dr. FL Tobing Pinangsori menuju Bandara Kuala Namu Internasional Air Port (KNIA) untuk selanjutnya menuju tanah suci.

“Apalagi suhu di Mekkah tidak sama seperti di Indonesia. Tapi semua ini kuncinya adalah ibadah, ikhlas dan banyak zikir. Mudah-mudahan Allah akan memberikan kemudahan, kelancaran dan tidak ada yang tertinggal,” pesan Syarfi.

Menurut Syarfi, ibadah haji merupakan ibadah fisik dan rukun Islam kelima yang diwajibkan bagi setiap umat Islam yang mempunyai kemampuan material serta memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang prima.

“Alangkah banyak orang merindukan untuk memenuhi panggilan Allah untuk pergi haji, tetapi karena kemampuan ekonomi lemah, kesibukan kerja yang tidak dapat ditinggalkan sehingga kerinduannya itu belum bisa terlaksana. Sehingga, betapapun beratnya ibadah haji, udara panas di Mekkah, tetapi karena panggilan iman, kita akan menempuhnya dengan kesungguhan dan ketulusan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pejabat yang melaksanakan tugas (Pmyt) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sibolga, H Aswad dalam laporannya menyebutkan, dari ke 24 jamaah calon haji dan hajjah yang berangkat menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, sebanyak 5 orang diantaranya adalah laki-laki dan 19 orang perempuan, serta calon haji dan hajjah termuda atas nama Nilasari Simamora (50) dan tertua adalah Muhammad Zaini (78).

“Seluruh jamaah calon haji dan hajjah ini masuk gelombang I, tergabung dalam Kloter 17 bersama Kota Medan. Dan sebagai ketua Kloter 17 adalah Kakan Kemenag Sibolga, H. Bahrum Saleh,” terang Aswad.

Dia mengatakan, seluruh jamaah calon haji dan hajjah akan berangkat dari Bandara KNIA pada hari Kamis, 9 Agustus 2018 sekira pukul 00.10 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airways (GIA) dengan nomor penerbangan 3117 dan diperkirakan tiba di Jeddah pukul 04.10 WAS.

“Kemudian kembali ke tanah air melalui Jeddah pada tanggal 19 September 2018 sekira pukul 06.10 WAS menggunakan pesawat GIA dengan nomor penerbangan 3217 dan tiba di bandara KNIA tanggal 19 September 2018 sekira pukul 18.40 WIB,” jelasnya.

Menurutnya, total jamaah calon haji Kota Sibolga sebelumnya berjumlah 30 orang, namun yang bisa berangkat hanya sebanyak 24 orang.

“Sekedar informasi, waiting list atau daftar tunggu Kota Sibolga per 17 Juli 2018 sebanyak 665 orang, Sumut sebanyak 114.988 orang dan nasional sebanyak 3.672.154 orang. Sedangkan kuota untuk Sumut tahun 2018 sebanyak 8.292 dan kuota reguler nasional tahun 2018 sebanyak 202.488 orang,” tandasnya. (rb/osi/nt)

Loading...