Danlanal Bersama Unsur Maritim Tinjau Pengamanan Arus Mudik

Toga Sianturi/New Tapanuli
Danlanal bersama unsur maritim meninjau pengamanan arus mudik, Rabu (13/6/18).
LINE it!

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Untuk memastikan situasi keamanan arus mudik menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) kota Sibolga Letkol Laut TNI Fajar Priyanto Kurniawan, S.T meninjau situasi kedatangan kapal asal Nias di pelabuhan Sambas, Rabu (13/6/18) pagi.

Danlanal bersama seluruh unsur maritim melakukan peninjauan dari mulai pengamanan pintu masuk dermaga hingga pintu kapal. Dalam keterangan persnya, Danlanal mengatakan, salah satu bentuk sistem pengamanan yang diberikan kepada masyarakat adalah menempatkan 2 personil di atas setiap kapal yang melakukan penyeberangan.

“Memang benar ada personil kami yang harus menjaga dan melakukan pengamanan, ada yang standby di kapal fery saat perjalalan. Demi terciptanya rasa nyaman dan aman bagi para pemudik yang hendak kembali ke kampung halaman atau berkunjung ke sanak famili dan keluarga pada saat momen lebaran tahun ini,” kata Danlanal.

Pihaknya juga menyiapkan 3 kapal patroli pengamanan laut. “Kita sudah melaksanakan kerjasama dengan KSOP dan unsur maritim lainnya dalam melakukan pengamanan arus mudik saat ini. Untuk patroli pengamanan dari laut ada 3 kapal yaitu KAL Mansalar, kapal Patkamla Poncan dan Kapal Patkamla Sorkam, untuk pengamanan yang ada didarat yaitu dipelabuhan untuk proses embarkasi maupun deparkasi. Dari lanal juga menyiapkan prajurit untuk melakukan pengawasan dan pengamanan untuk pemeriksaan barang bawaan penumpang. Utamanya melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan sejenis senjata tajam dan narkoba,” ujarnya.

Loading...