Posko Kebakaran Pasar Belakang Ditutup

Bagikan:
Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk saat menyerahkan bantuan kepada warga korban kebakaran di Pasar Belakang beberapa waktu lalu.

SIBOLGA – Pemko Sibolga secara resmi menutup posko bantuan bagi korban kebakaran di Lingkungan I, Kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga, Sabtu (10/3) pagi kemarin. Begitupun, bantuan untuk korban kebakaran masih tetap dapat disalurkan kepada warga korban kebakaran melalui kantor kelurahan setempat.

“Meski posko bantuan sudah ditutup, bantuan masih tetap dapat diberikan melalui kantor kelurahan dan kita tetap memantau seluruh bantuan yang diberikan,” kata Kadis Sosial, Amir Bahsyan Laoli usai penutupan posko bantuan kebakaran.

Amir nmengatakan bahwa seluruh bantuan yang terkumpul dari para donatur jumlahnya mencapai sekitar Rp. 1,5 milyar dalam bentuk uang dan barang, yang sebagian sudah disalurkan kepada warga yang terkena musibah kebakaran.

“Bantuan itu berupa barang diantaranya beras sebanyak 9.715 kilogram, telur sebanyak 400 papan, mie instan 847 kardus, air mineral 195 kardus, gula pasir 686 kg, minyak goreng 451 kg, susu 321 kaleng, bubuk teh 620 bungkus, kopi 70 bungkus, roti 52 bungkus, pakaian layak pakai 250 kardus, perlengkapan sekolah 312 set, perlengkapan mandi 104 set, peralatan dapur 104 set, kain sarung 204 buah, peralatan rumah tangga 52 set dan lainnya,” beber Amir Bahsyan.

Sedangkan uang tunai yang masuk ke posko bantuan kebakaran sebanyak Rp. 138 juta, belum termasuk bantuan uang sebesar Rp. 46.800.000 yang diserahkan langsung kepada warga korban kebakaran yakni dari Perkalin sebesar Rp. 26.000.000, dari Pasangan Eramas Rp.7.800.000 dan dari PT ASA sebesar Rp. 13.000.000.

“Untuk itu, kita menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan kepada korban kebakaran dan mengapresiasi warga Kota Sibolga dan sekitarnya yang begitu peduli terhadap korban kebakaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan organisasi-organisasi yang telah memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

“Harapan kita, seluruh bantuan ini dapat meringankan beban korban kebakaran yang berjumlah 53 Kepala Keluarga (KK). Kami mengucapkan terima kasih kepada yang telah memberikan bantuan juga kepada pemadam kebakaran dan masyarakat yang sejak awal turut membantu memadamkan api hingga tidak merambah kerumah-rumah lainnya,” ujarnya.

Meskipun masih banyak yang mau mengirimkan bantuan, sambung Syafi, tetapi kondisi masyarakat Pasar Belakang sudah normal sehingga untuk efektitas dan pertanggungjawaban kepada masyarakat ditutup.

“Alhamdulillah, kami sudah memberikan yang terbaik untuk warga Pasar Belakang yang terkena musibah kebakaran, dan kepada para donatur diucapkan terima kasih, semoga bantuan yang sudah diberikan bermanfaat bagi warga,” tandasnya.

Ketua TP PKK Sibolga dan Mantan Rektor USU Serahkan Bantuan

Pada hari yang sama, mantan Rektor Universitas Sumatera Utara Syahril Pasaribu dan Ketua TP PKK Kota Sibolga Hj Delmeria Sikumbang juga menyerahkan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran di Pasar Belakang. “Bantuan ini merupakan wujud kepedulian kami kepada korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu. Kita merasa prihatin dengan kondisi korban kebakaran yang menghanguskan rumah-rumah warga,” ujar Delmeria.

Ketua TP PKK Sibolga yang juga anggota DPRD Sumut ini berharap agar warga yang terkena musibah itu bisa bangkit dan bersemangat lagi, apalagi melihat bentuk kepedulian sosial warga Sibolga kepada korban sudah cukup sangat tinggi.

“Tentunya musibah yang terjadi itu sangat dirasakan oleh warga lainnya, termasuk juga kami rasakan. Kita prihatin dengan musibah ini dan harapan kita kedepannya kejadian serupa tidak terulang kembali,” tandasnya. (rb)

Bagikan:
Loading...