Pencuri HP Nyaris Dimassa

Toga Sianturi
Tersangka pencuri hp usai menjalani pemeriksaan.
LINE it!

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Wahyu (20) kaget saat bangun tidur melihat hp yang sebelumnya diletakkan di dekat telinganya raib. Segera warga Jalan Hiu, Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Selatan tersebut memeriksa rekaman CCTV di rumahnya. Dalam rekaman tersebut dia melihat seorang pria memanjat pagar rumahnya dan membawa kabur hp miliknya.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke beberapa keluarganya untuk mencari tahu keberadaan pria tersebut. Setelah itu, dia melapor ke polisi.

Dalam laporannya, Wahyu mengatakan bahwa subuh itu, sekira pukul 00.30 WIB, dia sedang asyik mendengarkan musik lewat hp dengan memakai headset. Tanpa disadari, Wahyu terlelap. Sementara, pintu depan rumahnya belum dikunci.

“Hanya pagar rumah yang dikunci. Pintu rumah lupa dia mengunci. Asyik mendengarkan musik, sampai tertidur. Paginya, sekira pukul 07.30 WIB, dia bangun dan melihat hp-nya sudah hilang. Dicek rekaman CCTV dan dia mengaku mengenal pelakunya. Dia pun melapor ke Polsek Sambas,” kata Kapolres Sibolga AKBP dalam keterangan persnya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhan Sormin, Senin (12/2).

Usai menerima laporan, Kapolsek Iptu Prio memerintahkan anggotanya melakukan penyelidikan. Sore, sekira pukul 17.30 WIB, warga menyerahkan pelaku ke Mapolsek. “Ternyata, warga sudah mencari tersangka. Untung nggak dimassa, langsung diserahkan ke kantor (polsek),” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan, tersangka diketahui berinisial LHJ (20) warga Jalan Kakap. Dalam aksinya, tersangka mengaku bermain sendiri.

Sekira pukul 02.25 WIB dini hari, saat dia melintas dari depan rumah korban, melihat pintu rumah terbuka sehingga timbul niat jahat untuk mencuri. Waktu hendak masuk, dia melihat pagar rumah terkunci. Akhirnya dia memanjat pagar tersebut dan masuk ke rumah.

“Mungkin awalnya nggak ada niat. Karena dilihat pintu rumah terbuka, muncullah niat jahat. Ini jadi pelajaran bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati,” imbuhnya.

Di dalam rumah, dia melihat Wahyu tertidur dengan posisi headset menempel di kuping. Diam-diam tersangka melepas headset dari kuping korban dan membawa kabur hp milik korban.

“Setelah berhasil, tersangka pergi ke Jalan Aso-aso dan membuang kartu hp itu,” ungkapnya.

Kemudian, tersangka pergi ke Jalan Horas dan menjual barang curiannya kepada seseorang, yang namanya masih dirahasiakan sebesar Rp400 ribu.

“Tersangka kemudian pergi ke Jalan R Suprapto Gang Family untuk bermain warnet. Sekira pukul 07.00 WIB dia sarapan di Jalan Bawal. Setelah itu, dia pulang ke rumahnya,” beber Sormin.

Sekira pukul 14.30 WIB, pelaku didatangi beberapa orang dan menanyakan hp yang dicurinya.

“Selanjutnya, tersangka diserahkan ke Mapolsek. Saat diperiksa, uang hasil penjualan hp sudah tidak utuh lagi. Sisanya Rp310 ribu lagi,” pungkasnya.

Tersangka kini ditahan di RTP Mapolsek Sibolga Sambas, diduga melanggar pasal 363 ayat 1 3e dan 5e Subsider pasal 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun. (ts/ara)

Loading...