Peserta 24 Negara Bersepeda Kelilingi Samosir

Bagikan:
Para peserta jelajah Sepeda Internasional Gran Fondo New York saat mengikuti perlombaan.

NewTapanuli.com, Samosir – Jelajah Sepeda Internasional GFNY Championship Asia 2018 resmi dibuka Bupati Samosir dan Wakil Bupati, Kapolres Samosir AKBP Agys Darojat, dan panitia GFNY 2018. Tampak bendera start dikibarkan, tanda dimulainya GFNY Championship Asia 2018 di Tuktuk Siadong Samosir, Minggu (2/9/18).

Peserta jelajah Sepeda Internasional Gran Fondo New York (GFNY) ini resmi diberangkatkan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM. Peserta dilepas sekira pukul 06.30 WIB.

Peserta GFNY CHAMPIONSHIP ASIA 2018 memasuki lintasan jalan Onan Baru Pangururan (jalan lingkar Samosir), dipandu pihak kepolisian bersama pramuka Kwarcab Samosir, di setiap persimpangan jalan.

Pemberangkatan dari titik start di Simpang Tuktuk Samosir berlangsung dengan megah dan bernuansa keparwisataan, ditandai kehadiran bupati, Dirut BPODT, pejabat Kemenpar dan kehadiran khusus The Owner Gran Fondo New York yang sengaja datang dari New York, Amerika Serikat.

800 peserta dari 24 negara melintasi dan menjelajah keindahan alam Samosir, mulai dari Tuktuk Siadong, Pangururan, lingkar Pusuk Buhit yang eksotik, dan jalan lingkar Samosir yang mempesona.

Saat peserta berangkat dari titik start, Gondang pun ditabuh bertalu-talu oleh orang-orang muda perajin Sanggar Seni budaya Samosir mengiringi perjalanan jelajah seluruh peserta. Mereka berharap kehadiran peserta dari 24 negara ini akan menjadi tenaga baru, menggerek kebangkitan industri pariwisata Samosir-Danau Toba.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon sebelum mengangkat bendera start, mengharapkan agar seluruh peserta GFNY 2018 dapat menyelesaikan seluruh rute, dan sampai ke garis finish dalam keadaan sehat, gembira, serta dapat menikmati keindahan panorama Samosir yang instgramable di sepanjang perjalanan.

Disamping mengucapakan terimakasih kepada seluruh panitia, pihak Polres Samosir, dan seluruh pihak yang mendukung even ini, khususnya terhadap pihak GFNY yang khusus datang dari Amerka Serikat, Bupati Samosir juga berharap agar seluruh peserta berkenan menjadi duta-duta promosi pariwisata Samosir-Danau Toba.

“Jadilah duta wisata Samosir, lewat even ini semoga pariwisata Samosir semakin terkenal lagi,” ujar Rapidin. Sementara itu, Dirut BPODT Ary Prasetyo mengapressiasi penyelenggaraan even tourism sport ini. Apalagi setelah melihat bahwa even ini dikemas dengan baik dan dipastikan menjadi ajang promosi untuk Samosir dan Danau Toba.

”Semaga teman-teman dari kabupaten lain termotivasi juga untuk mengkereasi even eveny lain yang bertaraf internasional di kawasan Danau Toba,” pungkasnya Prasetyo.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Samosir Ombang Siboro mengatakan, sangat berterimakasih kepada masyarakat Samosir yang telah mendukung penuh event akbar ini. ”Berkat dukungan masyarakat dan OPD kabupaten samosir, puji Tuhan rangkaian GFNY dapat berlangsung lancar, peserta merasakan bersepeda, seperti tag line GFNY Samosir, Riding in Samosir like riding in paradise,” ungkap Siboro.

Pada pukul 15.00 WIB, seluruh peserta tiba di garis finish setelah menyelesaikan lintasan sejauh 152 Km, untuk rute Grand Fondo dan 108 Km untuk rute Medio Fondo.

Aiman Cahyadi berhasil finish di urutan pertama, dan berhasil mengalahkan ratusan pembalap lainnya. Aiman Cahyadi merupakan atlit sepeda nasional yang berhasil meraih medali perak dalam kejuaran Asean Games, Agustus lalu. (ana/ahu/nt)

Bagikan:
Loading...