Hadirkan Musisi Eropa, Konser Music Intenasional Digelar Agustus

Bagikan:
Henry Manik

NewTapanuli.com, SAMOSIR – Salah satu putra asal Samosir Hendrik Manik akan kembali menggelar even besar di tanah kelahirannya, yaitu rencana pagelaran Samosir Music Internasional, tanggal 25 Agustus 2018, di Open Air Stage Tuk Tuk Siadong.

Untuk menghasilkan penampilan yang memukau dan menghibur, berbagai persiapan sedang dilakukan Henry Manik, mulai dari melobi para artis yang akan dibawa ke Samosir, baik dari Eropa, Jakarta, dan musisi lokal, serta mencari tambahan dukungan dari berbagai pihak. Namun di balik semangatnya meningkatkan jumlah wisatawan, khususnya dari berbagai negara, Henry Manik sangat mengharap adanya dukungan yang serius dari pemerintah provinsi dan pusat.

Kawasan Danau Toba yang indah dengan sumber daya alamnya diharapkan menjadi idaman primadona wisatawan. Namun, untuk mewujudkannya, pemerintah perlu mengemas berbagai kegiatan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk menopang SDA yang ada. “Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan agar even ini bisa direncanakan dengan matang dan tepat waktu, dan pada akhirnya bisa memberi hasil yang memuaskan,” terangnya.

Sejauh ini, pria yang berdomilisi di Belanda mengakui, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata masih minim memberikan perhatian atau terkesan sangat sulit menyatakan bentuk dukungannya jauh sebelumnya. Demikian halnya dengan Pemerintah Provinsi Sumatare Utara. Untuk konser di tanggal 25 Agustus 2018 hingga ke tahun selanjutnya ini, Hendrik Manik berharap semua lapisan pemerintah pusat dan provinsi berperan aktif. Setidaknya enam bulan sebelum konser digelar.

Untuk diketahui, even ini sudah ketiga kalinya, dimana Henry Manik yang bertindak sebagai projek manager. Dan selama ini juga ia merasakan belum ada perhatian yang serius, baik dari pemerintah propinsi maupun dari Kementerian Pariwisata.

“Walau setiap tahunnya, dalam setiap pagelaran, selalu dihadiri oleh para petinggi dari propinsi dan pusat. Seperti tahun lalu Agustus 2017, dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatra Utara, Direktur BODT dan beberapa pejabat tinggi dari pusat. Disaat kesempatan itu mereka berbicara dari atas panggung, mereka menyatakan kebanggaannya yang luar biasa atas kesuksesan even tersebut, dan telah berhasil mendatangkan pengunjung lebih dari sepuluhribuan,” katanya.

Menurut Hendrik Manik, dukungan yang ada selama ini masih dari Pemkab Samosir dan itu dibuktikan sejumlah even yang dilakukan melalui Dinas Pariwisata. “Even musik yang unik dan sangat berbeda dari semua musik festival, baik di dalam negeri maupun di luar. Pada even ini, semua musisi dan penyanyi baik yang dari Eropa dan Indonesia, wajib membawakan beberapa lagu Batak, dan mereka bebas mengubah musik sesuai style dan rasa mereka,” terangnya.

“Memang upaya peningkatan kunjungan wisata ke daerah tidak cukup dengan hanya mengandalkan kekayan alam yang ada. Namun harus selalu dibarengi dengan berbagai attraksi atau even yang kreatif, dan bahkan bertaraf internasional. Sehingga bisa menarik wisatawan yang lebih banyak lagi,” ucapnya lagi dengan harapan, program pemerintah dalam membangun infrastruktur segera mungkin dikerjakan. (pam/ahu/ms/nt)

Bagikan:
Loading...