5 Rumah di Samosir Ludes Terbakar, 2 Terpaksa Dibongkar

Bagikan:
Foto: Ist/New Tapanuli

NewTapanuli.com, SAMOSIR – Sebanyak lima unit rumah ludes terbakar habis di Desa Sosor Nangka Limbong, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Kamis (25/1/18) sekira pukul 17.20 WIB. Dua rumah lainnya dibongkar paksa, agar kobaran api tidak menjalar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui asal muasal api. Warga tidak berhasil memadamkan api karena sumber air yang tersedia di sekitar lokasi tidak memadai.
Terpisah, Wakil Gubernur Sumut Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung menyerahkan bantuan kepada 354 pemilik kios korban kebakaran Pasar Tarutung sekaligus kepada korban kebakaran Rumah Bolon di Kabupaten Samosir.

Sesuai Laporan Kadis Perindustrian dan Perdagangan SEY Pasaribu, bantuan diserahkan kepada korban kebakaran Pasar Tarutung pada 18 Mei 2107, menghanguskan 503 unit bangunan yang dimiliki 354 pedagang dan dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada 5 pemilik Rumah Bolon Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Usai penyerahan bantuan secara simbolis, St. P Pasaribu mewakili pedagang mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah memperhatikan dan memberikan bantuan baik materil maupun moril. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Sumut yang telah memberikan bantuan pada saat ini,” ucap St P Pasaribu.

Bupati Taput mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut yang perduli atas musibah yang menimpa masyarakat Taput dan berharap kedepannya dapat menambah perhatian atas pembangunan infrastruktur jalan.

Bupati berharap agar para pedagang lebih semangat dalam mencapai kesejahteraan keluarga serta meminta Asosiasi dan perkumpulan pedagang lebih perduli atas kondisi pasar.

“Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama bertanggung jawab dalam membangun Pasar Tarutung. Selain pembangunan yang ditampung melalui APBD, hendaknya para pedagang mampu secara swadaya dan gotong royong untuk menjaga keamanan dan kebersihan pasar,” ucap Bupati di Sopo Partungkoan Tarutung, Jumat (26/1/18).

Bupati juga menjelaskan bahwa dalam tahun ini akan menambah pembangunan fasilitas di pasar Tarutung dan juga pembangunan total jangka menengah dengan konsep Pasar Tradisional-Modern.

“Pemkab Taput telah menyusun desain dan juga telah mempersiapkan dana sebesar 175 miliar untuk pembangunan Pasar Tarutung dan Siborong-borong yang direncanakan pada tahun 2019. Hal ini sesuai dengan adanya regulasi yang mengatur tentang penghapusan aset total sehingga pembangunan tersebut tidak dapat direalisasikan pada tahun 2017 yang lalu,” ujarnya.

Wakil Gubernur mengucapkan rasa duka yang sedalam-dalamnya dan berharap agar para pedagang mampu bangkit kembali dalam melanjutkan usahanya serta meminta para korban musibah bersabar untuk pembangunan pasar ke arah yang lebih baik.

“Semoga duka yang lalu akan segera berganti dengan suka cita bagi para pedagang dan mari mensyukuri semua karunia tanpa mengutamakan besaran materi tersebut,” akhir sambutan Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung.

Pada kesempatan sebelumnya, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan Wakil Ketua DPRD Taput Fatima Hutabarat turut memberikan kata sambutan dan juga penghiburan kepada para korban kebakaran. (as/rah/nt)

Bagikan:
Loading...