Festival Gondang Naposo 2017, Janjikan Atraksi Memikat

Bagikan:
Festival Gondang Naposo 2017

NewTapanuli.com – Pemkab Samosir menyiapkan agenda Festival Budaya Batak Gondang Naposo 2017 untuk mempromosikan dan mengembangkan sektor wisata ini. Ritual ajang mencari jodoh bagaikan acara Take Me Out yang digelar pada 29-30 April 2017 ini menjadi sangat menghibur dan unik.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir Ombang Siboro mengatakan, Gondang Naposo akan dilaksanakan di Pantai Pasir Putih Parbaba, Kecamatan Pangururan. Sedikitnya 12 sanggar tari di Kabupaten Samosir dan delapan dari Kabupaten Dairi, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Kota Pematangsiantar dan Medan mengikuti ajang tersebut.

“Gondang Naposo merupakan ritual etnis Batak sebagai media perkenalan dan tegur sapa, berbalas pantun antarpemuda dan pemudi sampai melangkah ke jenjang perkawinan. Pemerintah daerah juga menyediakan hadiah total Rp20 juta, ini atraksi menarik yang bisa disaksikan oleh Wisatawan,” jelas Ombang, Kamis (13/4).

Dikatakan, peserta festival merupakan utusan instansi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota, lembaga pendidikan tinggi negeri dan swasta, lembaga pendidikan menengah negeri dan swasta, utusan gereja, lembaga seni budaya, komunitas seni budaya, lembaga sosial maupun organisasi sosial.

Sedangkan usia peserta minimal 16 tahun atau belum menikah, masing-masing tim berjumlah minimal 25 orang dan maksimal 30 orang, setiap tim harus memiliki paminta gondang, serta menampilkan formasi gondang mula-mula, somba, hata sopisik, kreasi dan hasatan sitio-tio.

Bagikan:
Loading...