Wakil Ketua MPR Serukan “Danau Toba Bangkit”

Bagikan:

NEWTAPANULI.COM, TOBASA- Setibanya di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (28/5), Wakil Ketua MPR RI Dr Oesman Sapta, mengajak warga di daerah itu menyerukan ‘Danau Toba, Bangkit’, sebagai bentukan sambutan pembentukan Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba.

“Hari ini adalah kebangkitan Danau Toba. Kalau saya bilang Danau Toba, jawabannya, Bangkit,” ujar Dr Oesman Sapta mengajak seribuan peserta sosialisasi 4 pilar MPR RI yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tobasa di Balige, Sabtu (28/5).

Dr Oesman Sapta yang hadir bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, DPD RI Drs H Rizal Sirait dan 3 DPD RI lainnya, mengaku kagum menyaksikan keindahan Danau Toba ketika dilihat dari udara sebelum sandar di Lapangan Mini Soposurung, Balige dengan heli yang ditumpanginya.

Menurutnya, Danau Toba adalah tempat wisata yang indah. Banyak hal yang bias dinikmati wisatawan. Sehingga tidak cukup waktu hanya beberapa jam menikmati alam Danau Toba, tetapi butuh waktu berminggu-minggu. “Saya tadi berbisik ke Pak Danrem, sebetulnya tidak pantas kita berjam-jaman di sini, mustinya minggu-mingguan,” terangnya.

Diakuinya, sebelum datang ke Tobasa, telah lebih dulu dilapor ke Presiden Jokowi, Menkomaritim, dan Panglima TNI. “Jadi pesan Bapak-bapak tadi, insyallah akan saya sampaikan,” ungkapnya.

Dalam keseptan itu, pihaknya mengajak agar seluruh warga di kawasan Danau Toba, siap menerima pembangunan pariwisata itu. “Apakah kita semua sudah siap lahir batin?  Rakyatnya harus siap, ini adalah tugas bupati se kawasan,” bebernya.

Dalam paparannya, Dr Oesman Sapta  mengingatkan agar 4 Pilar MPR RI, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bineka Tunggal Ika, terus diingatkan kepada generasi muda. Menurutnya, ada intervensi asing yang ingin mengoyak pilar kebangsaan itu. Ada oknum-oknum yang ingin merusak mental pemuda, mengadudomba anak bangsa, dan mengadudomba antar agama, yang tujuannya menghancurkan anak bangsa. Sehingga 4 pilar soal kebangsaan itu harus terus diingatkan, serta masyarakat benar-benar memahaminya.

“Jadi 4 Pilar harus terus menerus didengungkan, harus terus menerus diingatkan secara kontiniu kepada generasi muda,” terangnya.

Disampaikannya, tidak cukup hanya MPR RI tanpa dukungan seluruh masyarakat. Tanpa media cetak, elektronik, atau media online yang menyampaikan informasi ini hingga ke pelosok bisa baca,” tandasnya.

Sebelumnya, Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, mengakui betapa indahnya Danau Toba.  Untuk itu diminta kepada seluruh bupati se kawasan satu derap langkah membangun Danau Toba.

Sementara itu Drs H Rizal Sirait, menilai bahwa Danau Toba adalah sumber berlian dari 7 kabupaten/kota kawasan Danau Toba, sehingga perlu dijaga dan dilestarikan. “Danau Toba ini bukan hanya terkenal di seluruh Indonesia, juga di dunia. Tetapi sekarang kita yang mencemarinya. Kami minta, masyarakat yang punya keramba, mari kita kurangi perlahan. Saya tahu itu penghasilan. Tetapi untuk menjaga kelestarian Danau Toba, sehingga Danau Toba muncul sebagai  sumber berliannya Sumatera Utara, khususnya tuju kabupaten sekawasan. Mari kita jaga dan lestarikan,” pintanya.

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dalam kesempatan itu menyambut baik kehadiran rombongan Wakil Ketua MPR RI yang berkunjung sekaligus menggelar kegiatan itu di Kabupaten Tobasa. Sosialisasi 4 Pilar MPR RI itu dianggap penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga Negara Republik Indonesia. Di mana selain menanamkan nilai-nilai kebangsaan, memperkuat kehidupan berbangsa dan bernegasa, kegiatan itu juga sangat bermanfaat guna menanamkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta memperkuat potensi integrasi bangsa seperti gotongroyong, kerukunan umat beragama, suku, golongan, dalam lingkaran NKRI.

“Harapan saya, momentum ini dapat dijadikan sebagai pembangkit semangat membangun kesadaran kita untuk semakin memahami empat Pilar MPR RI yang merupakan dasar dan acuan bagi kita semua dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara, hidup berdampingan, dengan rukun dalam bingkai NKRI. Sehingga daerah kita semakin aman, nyaman dan damai,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menitip pesan agar MPR RI turut mendorong percepatan Keppres tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba.

“Kami masyarakat yang hidup di sekitar Danau Toba merasa bahwa Otorita Danau Toba adalah tongkat sejarah kebangkitan Danau Toba yang sejak kurang lebih 30 tahun lalu. Pesan kami, agar Bapak juga turut mendorong Bapak Presiden agar dalam waktu dekat menandatangani Keppres Badan Otorita Danau Toba. Sehingga apa yang kami harapkan selama ini bisa terwujud,” tandasnya.

Seperti diketahui, sosialisasi itu dihadiri seribuan peserta yang datang dari 4 kabupaten, yakni Tobasa, Samosir, Humbahas, dan Tapanuli Utara. Dalam kunjungannya ke Tobasa, Wakil Ketua MPR RI bersama rombongan menyempatkan diri ziarah ke Makam Sisingamangaraja, Museum TB Center, Pantai Pasifik, dan IT DEL. (ft)

 

Bagikan:
Loading...