Warga Parlilitan Mengeluh Seharian Listrik Padam

Bagikan:
Ilustrasi.

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Masyarakat Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbahas, mengeluhkan pelayanan PT PLN (Persero) Rayon Dolok Sanggul yang semakin hari, sepertinya semakin merosot. Hampir setiap hari listrik padam di daerah itu, membuat sejumlah aktifitas warga terganggu

“Tidak tanggung-tanggung. Durasinya sampai berjam-jam. Kemarin sampai 21 jam,” ujar Esron Hasugian, salah seorang warga Parlilitan, Rabu (7/11/18).

Diutarakannya, kejadian serupa kerap terjadi dalam dua bulan terakhir, membuat sejumlah aktifitas warga terbengkalai. “Apalagi kalau listrik padam pada malam hari, anak-anak terganggu belajar,” kata Pemilik Loket TSK itu.

Lebih lanjut, kata dia, listrik juga sering mengalami gangguan hidup-padam dengan durasi yang sangat cepat, menyebabkan berbagai perangkat elektronik milik pelanggan menjadi rusak.

“Listriknya juga sering mati beberapa detik kemudian hidup lagi. Banyak peralatan elektronik yang rusak kalau sudah begitu, paling tidak, ada bola lampu yang putus,” ketusnya.

Hal senada dikatakan Hotmi, warga lainnya. Disebutkannya, setiap kali listrik padam, sejumlah aktifitasnya sebagai ibu rumah sangat terganggu.

“Dipastikan sangat terganggu. Karna beberapa pekerjaan harus dilakukan manual, seperti mencuci, menanak nasi, serta berbagai pekerjaan lainnya yang menggunakan listrik,” ujar wanita paruh baya itu.

Karenanya, mereka sangat berharap agar pihak PLN dapat meningkatkan pelayanan agar listrik di di daerah itu dapat berjalan lancar. Pihak PLN diminta bekerja lebih profesional untuk meminimalkan gangguan.

Warga juga mengharapkan, adanya semacam kantor atau posko pelayanan PLN di Parlilitan. Agar warga tau kemana harus melapor jika listrik padam atau menyampaikan keluhan lainnya. “Paling tidak ada nomor telepon yg bisa dihubungi,” timpal warga lainnya.

Sementara itu, Holmes Hutapea, menejer PLN Rayon Dolok sanggul saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia menjelaskan, hal itu terjadi akibat adanya jaringan yang tertimpa pohon tumbang di Sigalogo dan tiang yang terbawa longsor di Aek Sopang dan Parlilitan.

“Gangguan terjadi pada dua titik, Timur dan Selatan,” tukasnya.

Holmes mengutarakan, pihaknya saat ini sedang mengupayakan perbaikan jaringan yang rusak. Agar listrik dapat normal kembali.

“Saat ini kita sedang berusaha melakukan perbaikan. Mobil kren kita kerahkan. Kami juga sedang melakukan manufer-manufer arus untuk meminimalkan daerah padam listrik,” kata Holmes melalui selullernya.

Holmes juga meminta warga untuk bersabar. Karna, dalam upaya perbaikan, pihaknya terkendala oleh cuaca ekstrim. “Cuaca saat ini kurang bersahabat. Itu juga menjadi kendala bagi kami. Jadi, kami minta warga bisa bersabar,” pintanya. (sht/osi/nt)

Bagikan:
Loading...