Mahasiswa Humbahas Gelar Try Out untuk Pelajar SMA

Bagikan:
Ikatan Mahasiswa Humbang Hasundutan Universitas Sumatera Utara (IMHU) mengunjungi Dolok Sanggul beberapa waktu lalu. (Int/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, Humbahas – Ikatan Mahasiswa Humbang Hasundutan Universitas Sumatera Utara (IMHU) memiliki fokus pada pendidikan.

Ketua Umum IMHU Gapson Pandiangan, organisasi yang didirikan pada 6 Oktober 2008 ini menggelar secara rutin sosialisasi dan tryout di seluruh sekolah menengah atas di Humbahas.

“Visi misi kami sebenarnya di tujuan sosial, dan pendidikan budaya. Namun, saat ini kami konsen di pendidikan agar merata,” ujar Gapson.

Mereka melaksanakan Olimpiade tingkat SMA se-Kabupaten Humbahas. Baru-baru ini mereka melakukan sosialisasi dan try out di semua SMA tanpa dipungut biaya.

“Tidak semua dari mereka sempat les tambahan, kami mengenalkan kepada anak SMA soal-soal SBMPTN,” jelasnya.

Secara bergantian selama satu minggu, mereka ke 15 sekolah di Kabupaten Humbahas. Paginya sosialisasi, kemudian sore harinya diadakan tryout.

Yang uniknya adalah mereka tidak bekerja sama dengan pusat bimbingan belajar manapun. Semua soal, lembar jawaban mereka buat dan cetak sendiri.

“Kalau mau berbuat sesuatu jangan tanggung-tanggung,” katanya.

Selain mengadakan tryout untuk pelajar menengah atas, IMHU turun ke desa di daerah Dolok Sanggul membuat bakti sosial.

“Kami ingin membangun Humbahas. Di sana kami bangun jamban karena beberapa rumah tangga lebih memilih pergi ke sungai,” ungkapnya.

Sekira 25 anggota IMHU mengadakan seminar pendidikan, pertanian dan kesehatan. Di sekolah dasar mereka mengajarkan anak-anak cuci tangan dan sikat gigi yang baik.

“Selama di desa kami menginap di rumah warga. Agar tahu apa yang dilakukan masyarakat di sana,” tutur Gapson.

Untuk segala kegiatan, IMHU mencari dana sendiri.

“Dari pemerintah Humbahas kami mendapatkan bus untuk kegaiatan. Pemerintah sangat mendukung kegiatan yang kami lakukan,” ungkapnya.

Gapson sendiri berharap IMHU tetap maju, tetap bergerak untuk IMHU dan Humbahas, karena harus kita yang membangun daerah kita sendiri. (int/nt)

Bagikan:
Loading...