Panitia Pilkades Humbahas Diminta Netral dan Transparan

Bagikan:
Bupati Dosmar Banjarnahor SE memberikan sambutan pada rapat koordinasi pemantapan Pilkades tahun 2018 serentak di Humbahas.

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE mengharapkan, Pilkades serentak yang akan digelar di 28 Desa di Humbahas, Kamis (4/10) mendatang dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Menurut Dosmar, pilkades serentak yang baru pertama kali digelar itu akan sukses apabila pihak-pihak aparatur negara termasuk panitia pemilihan kepala desa (PPKD) tidak ada yang memihak. Kemudian, sebelum pemilihan, daftar pemilih tetap (DPT) harus jelas berapa jumlahnya, serta harus diketahui masyarakat setempat.

“DPT jangan hanya diumumkan di kantor kepala desa, tapi harus menyebar dan ditempelkan disetiap dusun. Sehingga seluruh masyarakat mengetahui jumlah pemilih. Jumlah kertas suara yang dicetak harus disesuaikan dengan DPT, atau sesuai kebutuhan. kotak suara dan undangan harus jelas,” ujar Dosmar pada rapat koordinasi pemantapan Pilkades Serentak tahun 2018 di Pendopo, Bukit Inspirasi, Dolok Sanggul, (5/9).

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Kapolres Humbahas AKBP Dayan, Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, serta Kapolsek, Danramil dan camat yang wilayahnya ikut Pilkades.

Kapolres Humbahas mengimbau kepada seluruh penyelenggara Pilkades termasuk masyarakat, agar sama-sama menjaga keamanan. Dia juga menyarankan agar nantinya, siapapun yang terpilih agar diterima masyarakat, sehingga pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik.

“Camat, Kapolsek, Danramil termasuk penyelenggara Pilkades harus ada kerjasama menjaga keamanan. Polri dan TNI siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pilkades agar berjalan aman dan lancar,” ucap Dayan.

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa perlindungan Perempuan dan Anak (PMDP2A) Drs Eben Vandeik Simanungkalit, MM menjelaskan, Pilkades serentak yang akan dilaksanakan terdiri dari 28 desa yang tersebar di 9 kecamatan.

Dengan rincian, di Kecamatan Parlilitan terdiri dari 8 desa, yaitu Desa Sionom Hudon VII, Sionom Hudon Julu, Pusuk I, Simataniari, Sionom Hudon Runggu, Janji Hutanapa, Baringin Natam dan Sihotang Hasugian Dolok I.

Dan, di Kecamatan Pollung hanya satu desa Pandumaan. Untuk Kecamatan Baktiraja ada 3 desa, yaitu Desa Marbun Toruan, Sinambela dan Siunongunong Julu. Di Paranginan ada 2 desa yaitu Desa Paranginan Selatan dan Siborutorop.

Sementara di kecamatan Lintongnihuta 2 desa, yaitu Desa Nagasaribu II dan Sibuntuon Parpea. Untuk kecamatan Dolok Sanggul 2 desa, yaitu Desa Sosor Tambok dan Sosortolong Sihite III. Onan Ganjang hanya Desa Sanggaran II.

Sementara di Pakkat ada 6 desa yaitu Desa Lumbantongatonga, Siambaton Pahae, Panggugunan, Hauagong dan Pakkat Hauagong. “Kecamatan Tarabintang ada 3 desa, yaitu Desa Marpadan, Mungkur dan Sibongkare Sianju,” Ujar Eben merinci. (sht/nt)

Bagikan:
Loading...