Syukuran HUT Humbahas ke-15 Diadakan di Parlilitan

Bagikan:
Sekda Humbahas Tonny Sihombing saat mendampingi Dosmar berkunjung ke Sibulbulon.

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Untuk Pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) akan mengadakan syukuran Hari jadinya di luar ibu kota kabupaten itu sendiri. Hari ulang tahun (HUT) Humbahas ke-15 yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2018 akan diadakan di lokasi Markas Raja Sisingamangaraja XII, Dusun Pearaja, Desa Sionom Hudon Sibulbulon, Kecamatan Parlilitan.

Sekretaris Daerah Humbahas Tonny Sihombing membenarkan hal tersebut. Menurutnya, syukuran atau perayaan hari jadi yang akan diadakan di Parlilitan adalah sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII, sekaligus mempromosikan keberadaan markas Raja Sisingamangaraja XII di Sionom Hudon Sibulbulon sebagai salah satu situs sejarah.

“Pada hakekatnya, Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten adalah sidang paripurna DPRD. Sidang paripurna itu istimewa. Di sanalah dibacakan sambutan bupati, merayakan sekaligus menjelaskan apa yang telah diperbuat selama setahun. Apabila ada kegiatan diluar itu, bentuknya adalah syukuran,” ujar pria berkumis itu meluruskan pemahaman masyarakat yang sedang berkembang, Kamis (5/7) di ruang kerjanya .

Menjurut Tonny, Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki keistimewaan dibanding kabupaten lainnya. Dimana, Humbahas memiliki banyak nilai sejarah yang belum diketahui semua masyarakat. Salah satunya adalah markas Raja Sisingamangaraja XII di Parlilitan.

“Kita manfaatkan itu. Selama ini orang hanya mengetahui makam Sisingamangaraja di Balige serta tanah kelahirannya di Bakkara. Mereka tidak tau, ada markas Sisingamangaraja XII di Sionom Hudon, Parlilitan. Kita akan boomingkan ini agar semua orang tau,” cetusnya.

Lebih lanjut Tonny menyebutkan, pelaksanaan kegiatan perlombaan menyongsong hari jadi Humbahas akan tetap diadakan di ibukota (Dolok Sanggul).  “Karena di sini, fasilitas dan gedungnya lengkap. Jadi, kita adakan di dua tempat” ujarnya.

Ditanya terkait gambaran umum rangkaian kegiatan, mantan Asisten Pemerintahan itu mengaku belum dapat memberikan informasi karena panitia yang baru terbentuk di bawah kepemimpinannya, masih akan mengadakan rapat pembahasan terkait teknis dan pemantapan rencana kegiatan.

“Besok kita masih mengadakan rapat. Saya masih akan mendata kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh setiap OPD,” singkatnya.

Tonny berharap, warga Humbang Hasundutan dapat memaknai kegiatan itu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa, bahwa lima belas tahun Humbang Hasundutan setelah menjadi kabupaten, berbagai kemajuan pembangunan dan pemerintahan telah dapat dirasakan oleh masyarakat. Disisi lain, hal ini juga dapat mempererat hubungan sesama warga humbang hasundutan.

“Saya rasa, kita tidak dapat berbohong kepada hati kita masing-masing , bahwasanya apa yang kita dapat, apa yang sudah kita raih selama lima belas tahun menjadi kabupaten, dibandingkan saat kita masih bergabung dulu dengan kabupaten induk,” pungkasnya. (sht/osi/nt)

Bagikan:
Loading...