Karang Taruna dan Warga Perbaiki Gorong-Gorong

Bagikan:
Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang dan jajarannya bersama Kapolsek Bintang P Simanungkalit tampak ikut dalam kegiatan perbaikan jalan.

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Hampir tiga tahun dikeluhkan warga dan tidak ditanggapi Pemerintah, pengurus Karang Taruna Desa Sihotang Hasugian Tonga (Sihasto) bersama warga setempat dengan swadaya memperbiki gorong-gorong di Jalan Bincaro, Desa Sihasto (Pasar Parlilitan), beberapa waktu lalu.

Kegiatan itu sendiri diikuti Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang, Kapolsek Parlilitan AKP Bintang P Simanungkalit, Sekcam Parlilitan Alvonsius Tinambunan serta Kepala Desa Sihotang Hasugian Tonga Jahinus Hasugian.

Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang mengatakan, tindakan itu dilakukan agar pengguna jalan tidak kesulitan melintasi gorong-gorong karya Dinas Pekim tersebut, sekaligus menghindari terjadinya korban yang lebih banyak. “Kegiatan ini diinisiasi oleh Uspika dengan menggunakan bahan/material seperti semen, pasir dan batu cor yang diperoleh dari donasi (pemberian, red) warga,” katanya.

Dia mengaku, kondisi jalan tersebut telah beberapa kali dilaporkan kepada pihak terkait, namun hingga kini belum mendapat tanggapan. “Karena itu, untuk sementara kita memperbaikinya hanya sekedar untuk dapat dilalui dengan nyaman, menunggu adanya perbaikan dari pemerintah,” ujar Eliapzan disela-sela kegiatan.

Eliapzan juga menyampaikan terimakasih kepada Karang Taruna Desa Sihasto yang rela melakukan pekerjaan itu dengan iklas dan berharap kedepannya Karang Taruna Desa Sihasto yang diketuai Alex Sihotang semakin maju dan lebih kompak. “Kita berharap, Karang Taruna semakin maju dan dapat berperan aktif dalam pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan,” ujarnya.

Senada itu, Kepala Desa Sihotang Hasugian Tonga Jahinus Hasugian berharap agar pemerintah melalui instansi terkait dapat segera memperbaiki gorong-gorong tersebut. “Kalau bisa, saluran harus dikorek lebih dalam agar gorong-gorongnya lebih rendah, sehingga jalan bisa landai,” harapnya.

Sebelumnya, warga setempat sudah meminta Pemerintah  Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui dinas terkait untuk memperbaiki gorong-gorong yang teletak tepat di ibukota  Kecamatan Parlilitan. Permintaan itu beralasanan karena karena dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Selain mengancam keselamatan, gorong-gorong di persimpangan jalan Parlilitan-Pakkat dan Jalan Bincaro, persisnya depan rumah dinas camat Parlilitan itujuga sangat sulit untuk dilalui karena memiliki ketinggisn sekitar 60 centimeter dari aspal dengan kemiringan menanjak nyaris 45 derajat. (sht/rb/nt)

Bagikan:
Loading...