Caleg di Humbahas “Perang” APK

Bagikan:
APK salah satu caleg terlihat berada di pohon. (Sunday Sihotang/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Memasuki masa kampanye, berbagai Alat Peraga Kampanye (APK) para calon legislatif (caleg), seperti banner, baliho, spanduk, dan berbagai alat peraga lainnya, ramai terpampang di pinggir jalan dan permukiman warga Humbang Hasundutan (Humbahas).

Amatan wartawan, Senin (26/11/18), sepanjang jalan Parlilitan-Dolok Sanggul, sejumlah stiker caleg menempel di rumah warga. Spanduk membentang di atas jalan raya. Pun baliho berbagai ukuran.

Bahkan, tidak sedikit APK tadi, nyasar ke sejumlah pohon dan tiang listrik. Selain itu, beberapa mobil juga terlihat dihiasi stiker bergambar caleg dan lambang partai yang mengusungnya.

Menyikapi gambaran tersebut, Ketua YLKI Humbahas, Erikson Simbolon menyebutkan, hal itu memiliki dua dampak, yakni positif dan negatif. Satu sisi dengan maraknya APK membawa berkah tersendiri bagi warga dan pengusaha percetakan digital (digital printing). Tetapi di sisi lain, terkesan mewah dan boros.

Diutarakannya, akan lebih baik jika para caleg menyampaikan gagasan dan programnya saat terpilih nantinya. Erikson beranalogi, para caleg dapat berbaur dengan warga di warung kopi atau mengunjungi warga petani langsung ke lahan pertanian untuk menyampaikan gagasan dan programnya, sehingga warga menaruh simpatik.

“Mereka bisa berbaur langsung dengan warga di warung kopi atau meninjau lahan pertanian warga jika si caleg dimaksud memiliki pengetahuan dibidang pertanian,” ujar Erikson melalui selulernya, Senin (26/11).

Berbeda dengan Erikson, Manro Simamora warga Dolok Sanggul menilai penempatan sejumlah APK seperti baliho justru mengganggu pengendara. Menurutnya, beberapa baliho yang dipampangkan di pinggir jalan pada posisi tikungan kerab menghalangi pandangan pengendara. Manro berharap agar tim sukses mencari posisi yang tepat.

“Jangan memasang baliho pada posisi yang mengganggu keselamatan pengendara. Seperti baliho salah satu caleg yang di depan HKBP Dolok Margu,” tukasnya. (sht/osi/nt)

Bagikan:
Loading...