Ciptakan Lansia Tangguh di Humbahas

Salito Sihotang/New Tapanuli
Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora, Kadis P2KB Elson Sihotang, Rugun Ulina Simarmata dan Olifa Jelita Asmara foto bersama dengan lansia.
LINE it!

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Humbang Hasundutan (Humbahas) mengadakan sosialisasi pembinaan kelompok bina keluarga lansia (BKL). Sosialisasi tersebut dalam rangka ketahanan dan pemberdayaan keluarga demi meningkatkan pengetahuan kelompok tentang BKL.

Kegiatan tersebut diadakan di Aula Hutamas, komplek perkantoran Tano Tubu, Dolok Sanggul, Selasa (7/8). Dalam laporannya, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Drs Elson Sihotang mengatakan, sosialisasi diikuti sebanyak 200 orang para kader BKL sebagai perwakilan dari setiap kecamatan. Sebagai narasumber Kasubbid BKBA dan KKL BKKBN Sumut Rugun Ulina Simarmata, SSos dan Olifa Jelita Asmara, SPSI.

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan, program ketahanan dan pemberdayaan keluarga merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka pembinaan kelompok bina keluarga lansia. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lanjut usia dalam pengasuhan, perawatan, dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Kata Saut, lansia di Humbahas harus manjadi perhatian pemerintah dan harus mendapat perlindungan, sehingga lansia tetap produktif di usia tuanya bahkan menjadi lansia tangguh.

Lansia tangguh merupakan lansia yang sehat secara fisik, sosial dan mental, mandiri, aktif dan produktif. Untuk itu, diperlukan kesiapan keluarga, khususnya keluarga lansia itu sendiri atau keluarga yang mempunyai lansia untuk dibina melalui kelompok kegiatan bina keluarga lansia.

Lebih lanjut, kata dia, masih banyak lansia yang aktif dalam berbagai kegiatan. Artinya, masih banyak lansia mampu berkarya dan memiliki hidup yang berkualitas.
Walaupun telah memasuki usia lanjut, bukan jadi halangan untuk tetap produktif.

Dengan adanya sosialisasi ini, Saut berharap pengetahuan dan kemampuan setiap lansia bertambah serta semakin meningkatkan motivasi dalam memajukan kemandirian dan kesejahteraan hidup para lansia.

“Masih banyak yang perlu kita lakukan bagi lansia, masih banyak yang belum selesai, selamat berjuang, selamat menjalankan tugas hingga tercapai lansia yang tangguh. Lansia di Humbahas harus bisa menjadi lansia tangguh,”‘ ujar Saut mengakhiri sambutannya. (sht/osi/nt)

Loading...