Humbahas akan Fokus Kembangkan Komoditi Kentang

Sunday Sihotang/ New Tapanuli
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE sedang mengamati biji kopi hasil panen salah seorang warga Sitapongan, Dusun Sionom Hudon Sibulbulon di sela-sela kunjungan baru-baru ini.
LINE it!

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui kelompok tani, resmi menjadi mitra PT Indofood Sukses Pangan Makmur Tbk (ISPM) untuk mensuply kebutuhan industri di pertanian kentang.

Industri consumer good terbesar di Indonesia ini, bahkan sudah menempatkan personelnya menetap (stay) di Humbahas. Hal itu disebut Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE diruang kerjanya, Senin (9/7/18). “Mulai hari ini, akan ada personil Indofood stay di Humbahas,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk kerjasama tadi, pihak Indofood sudah menetapkan Kecamatan Pollung, Lintongnihuta, Paranginan dan Sijamapolang sebagai lokasi pertanaman kentang dengan merangkul masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani.

“Ini masih pilot project. Penetapan lokasi tadi, dilakukan oleh Indofood setelah pihaknya melakukan survey terkait lokasi dan lahan yang layak untuk tanaman kentang,” bebernya.

Harga kentang yang disepakati Rp 7500 per kg, sementara luas areal yang akan ditanami kentang sekitar 15 Ha. “Sekali lagi, ini masih pilot project. Jika ini berhasil akan ditingkatkan. Jadi masyarakat dan pemkab harus mendukung kerjasama ini,” imbuhnya.

Dosmar beranalog, perhitungan sederhana untuk hasil yang akan didapatkan masyarakat pada pertanian kentang, sekitar Rp 100 jutaan lebih untuk luasan 0.5 Ha.

“Diasumsikan, untuk lahan seluas 0.5 Ha saja, petani dapat meraup keuntungan kotor sebesar Rp 100 juta lebih. Namun peratanian kentang membutuhkan fokus yang baik dari petaninya, sehingga disarankan setiap petani dan keluarganya, sementara ini diberikan kesempatan mengolah 0.5 Ha, agar hasilnya maksimal,” lanjut dia.

Dia juga mengakui, kendala yang dihadapi para petani nantinya adalah di permodalan. “Jika serius pihak bank siap memfasilitasi. Disamping itu, kita akan coba bantu di pola kerja bapak angkat, dengan menghubungi perantau Humbahas yang sukses. Pada kerjasama ini, pihak Indofood nantinya menyiapkan bibit, obat-obatan dan penyuluh profesional khusus di pertanian kentang,” tandasnya. (sht/rah/nt)

Loading...