Warga Doloksanggul Mengeluh, Air Bercampur Lumpur

Kepala UPT Air Bersih Humbahas Nipson Lumban Gaol saat meninjau salah satu reservoar.
LINE it!

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Pelanggan Air Unit Pelayanan Teknis (UPT) Air Bersih Kabupaten Humbahas, mengeluhkan buruknya kualitas air yang di suplay ke pelanggan. Menurut warga Desa Purba Manalu Kecamatan Doloksanggul, kondisi ini sudah berlangsung beberapa minggu terakhir.

“Sudah beberapa minggu ini, air yang disuplai ke pelanggan bercampur lumpur. Sehingga tidak nyaman untuk dikonsumsi dan juga ketika dipergunakan mandi. Kita tidak mengetahui mengapa demikian,” sebut G Purba warga Desa Purba Manalu Kecamatan, Doloksanggul kepada wartawan New Tapanuli, Jumat (26/4/18).

Keluhan senada disampaikan boru Tampubolon. Pengusaha rumah makan di Jalan Sisingamangaraja itu juga mengeluhkan seringnya air bercampur lumpur.

Dikatakan, air yang ditampung dari kran tidak dapat digunakan langsung. Karenanya, air harus ditampung lebih dulu dalam wadah dan dibiarkan beberapa saat agar lumpur dan material lainnya mengendap. “Setelah itu baru bisa kita gunakan,” kesalnya.

Boru Tampubolon berharap agar Pihak terkait dapat segera mengatasi masalah kualitas air bersih yang dikelola oleh Dinas Perkim itu.

Sementara itu, Kadis Perumahan dan Pemukiman melalui Kepala UPT Air Bersih, Nipson Lumbangaol mengakui adanya masalah pada kualitas air bersih.

Kepada New Tapanuli melalui selulernya, Jumat (27/4) mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat mengenai kondisi air yang didistribusi ke pelanggan bercampur lumpur.

“Benar, air yang mengalir ke rumah rumah pelanggan atau distribusi kelayanan umum lainya bercampur dengan lumpur,” sebutnya.

Nipson menjelaskan bahwa dari hasil tinjauan dilapangan, kondisi tersebut adalah akibat tingginya intensitas curah hujan pada sumber air yang terletak di Pollung.

“Curah hujan yang tinggi menyebabkan air yang tertampung direservoar bercampur dengan lumpur,” tukasnya kendati tidak merinci wilayah yang terkena dampaknya.
Nipson berharap pelanggan UPT Air minum dapat memaklumi karena gangguan yang terjadi adalah akibat anomaly cuaca.

”Kami mohon maaf atas gangguan ini. Kami berharap para pelanggan dapat memaklumi dan bersabar. Perbaikan akan secepatnya kami lakukan untuk air yang berkwalitas kepada pelanggan,” tandasnya.

Nipson juga menginformasikan, kepada pelanggan yang mengalami gangguan air bercampur lumpur, gangguan pipa distrubusi ke rumah pelanggan serta gangguan lainnya dapat segera melaporkannya agar pihaknya dapat segera melakukan perbaikan. (sht/nt)

Loading...