Ratusan Rumah di Dairi Rusak Diterjang Puting Beliung, 1 Warga Tewas

Bagikan:
Kondisi bangunan rumah warga di Sumbul, Kabupaten Dairi, yang rusak diterjang angin puting beliung.

New Tapanuli.Com – Angin puting beliung menerjang Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut), Senin (26/2). Ratusan rumah di Kelurahan Pegagan Julu I rusak parah dan satu orang tewas akibat tertimpa reruntuhan rumah.

Angin yang berputar cepat itu juga merusak sejumlah fasilitas umum seperti rumah ibadah dan sekolah di Kelurahan Pegagan Julu I. Hingga Senin malam, pukul 19.00 WIB,n
warga masih sibuk membersihkan puing-puing rumah mereka.

Dari pantauan di lapangan, kondisi rumah warga di Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, tampak rusak parah pascaterjangan angin puting beliung sekitar pukul 15.00 WIB sore tadi. Atap rumah warga banyak yang beterbangan tersapu angin. Puing-puing material seng dan tembok rumah terlihat berserakan di sekitar halaman rumah warga.
Satu orang warga yang tewas akibat diketahui bernama Rikson Girsang (40). Warga Desa Pegagan Julu I ini sedang berada di rumah saat angin puting beliung merusak rumahnya dan reruntuhan tersebut menimpanya.

“Tadi istri korban sempat meminta tolong datang ke rumah, katanya, tolong, tolong, laemu sudah meninggal. Kami ke sana dan ternyata rumahnya sudah hancur dan korban ini tertimpa reruntuhan bangunan,” kata warga, Saut, tetangga korban.

Menurut Saut, angin puting beliung muncul tiba-tiba saja dan menerbangkan atap dan tembok bangunan rumah mereka. Angin kencang ini terjadi sekitar 10 menit dan disusul dengan hujan deras bercampur es.
Sementara Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi masih melakukan pendataan terhadap korban dan kerugian material. Hingga malam hari pukul 19.00 WIB, warga dibantu pemerintah setempat terlihat membersihkan puing-puing material bangunan yang rusak. PLN juga masih memadamkan listrik di daerah ini untuk sementara menunggu kondisi pulih. (int)

Bagikan:
Loading...