Baznas Sibolga Salurkan Rp863 Juta melalui Empat Masjid

Bagikan:
Ketua TP PKK Kota Sibolga menyerahkan dana Baznas kepada masyarakat

NewTapanuli.com, SIBOLGA– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sibolga menyalurkan dana sebesar Rp863.500.000 kepada masyarakat melalui empat masjid. Keempat masjid tersebut yakni Masjid Agung, Masjid Al-Jihad, Masjid Taqwa Muhammadiyah Kelurahan Aek Habil, dan Masjid Al-Hijrah Kelurahan Aek Parombonan, Minggu (14/4).

Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM dalam sambutannya saat penyerahan dana Baznas mengatakan, program pengumpulan zakat profesi dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Sibolga yang beragama Islam telah dilakukan sejak periode pertama jabatannya sebagai Walikota Sibolga.

“Semenjak periode pertama (tahun 2010-2015), saya dilantik sebagai Walikota Sibolga, saya sudah lakukan pengumpulan zakat profesi bagi ASN ini,” kata Syarfi.

Berbagai rintangan yang telah dihadapi untuk menjalankan perintah agama tersebut. Mulai aksi demo yang dilakukan sejumlah ASN yang menolak aturan tersebut hingga melaporkannya ke pihak yang berwajib.

“Berbagai hambatan saya alami dalam menegakkan perintah agama Islam ini. Ada yang mau melakukan demo, ada yang mau melaporkan saya, dan berbagai hal,” katanya.

Padahal, katanya, dirinya sebagai kepala daerah hanya membantu ASN yang beragama Islam untuk menyalurkan kewajibannya sebagai umat Islam.

“Yang saya lakukan adalah perintah agama Islam. Namun karena keyakinan saya, bahwa Allah pasti bantu saya untuk menegakkan kebenaran, Alhamdulillah akhirnya seluruh ASN se-Kota Sibolga telah memahami dan menyetujui hal ini,” sebut Syarfi.

Sementara Ketua Baznas Kota Sibolga M Yusuf Batubara SKM MM menjelaskan sekilas besaran dana yang telah dikumpul pada tahun 2018.

“Bersumber dari zakat dan infaq ASN Pemko Sibolga pada tahun 2018. Alhamdulillah terkumpul dana Baznas Kota Sibolga sebesar Rp1.631.362.778 (satu miliar enam ratus tiga puluh satu juta tiga ratus enam puluh dua ribu tujuh ratus tujuh puluh delapan rupiah),” kata Yusuf.

Kemudian, mantan Kadis Kesehatan Pemko Sibolga ini juga menjelaskan alokasi dana tersebut dikucurkan.

“Pada 8 Juni 2018 lalu, telah disalurkan tahap pertama sebesar Rp700 juta. Diperuntukkan bagi 1.592 orang fakir miskin, 616 orang anak yatim, dan 7 masjid/musholla. Hari ini akan disalurkan sebesar Rp863.500.000 (delapan ratus enam puluh tiga juta lima ratus ribu rupiah). Dengan rincian, fakir miskin sebanyak 1.700 orang, ulama 50 orang, guru TPQ 100 orang, guru MDA 100 orang, bilal rubiah dan gharim sebanyak 120 orang, siswa SMP sederajat 100 orang, siswa SMA sederajat 100 orang dan mahasiswa 250 orang (50 orang telah diserahkan pada saat penampilan budaya Sibolga pada 4 April lalu di Pekan Raya Sumatera Utara), dan menjelang Lebaran nanti akan kita serahkan kembali,” terang Yusuf yang kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sibolga.

Amatan, tampak hadir pada penyerahan dana Bazis tersebut, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang juga Ketua TP PKK Kota Sibolga Dra Delmeria Sikumbang. Didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Sibolga Masna Sikumbang SE. Kemudian, sejumlah OPD Pemko Sibolga yang beragama Islam, para camat dan lurah serta para pengurus Baznas Kota Sibolga. (ts)

Bagikan:
Loading...