Kabut Menyelimuti Sibolga-Tapteng, Penerbangan masih Aman

Bagikan:

Newtapanuli.com,TAPTENG-Wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) mulai diselimuti kabut. Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas III Dr Ferdinan Lumbantobing Pinangsori menyatakan jarak pandang aman hingga kemarin sekitar lima kilometer.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Klas III Dr Ferdinan Lumbantobing Pinangsori, Ahmad Ubaedillah melalui Forecaster On Duty Sari Soraya Umar mengatakan, kondisi tersebut masih aman untuk jalur penerbangan.

“Lima kilometer. Untuk jalur penerbangan 5 kilometer itu masi aman,” ujar Sari kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin  (18/3).

Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan kabut yang terjadi akibat asap, mengingat di Sumatera Utara tidak ada kebakaran hutan atau lahan yang terjadi.

“Kalau informasi kebakaran itu di Sumatera Utara nggak ada, yang ada itu di Riau sekitaran Dumai. Cuma info yang saya dapat dari Pekanbaru, di sana pun tidak terlalu tebal, jadi belum bisa dikategorikan sebagai asap,” ucap Sari.

Dijelaskan, bila pun kabut yang terjadi akibat asap, ia memperkirakan hal itu disebabkan kabut asap kiriman dari wilayah terdekat Sumatera Utara. “Kalau memang ini kabut asap kiriman, itu artinya datang dari sekitaran Dumai, karena yang paling dekat dengan Sumatera Utara itu Dumai,” tuturnya.

“Karena di Sumatera Utara sendiri atau Aceh (kebakaran,red) nggak ada, adanya itu di Riau atau Sumatera Selatan,” tambah Sari.

Untuk itu, lanjut Sari, hingga saat ini pihaknya masi terus berkoordinasi dengan BMKG Pekanbaru terkait kabut yang terjadi saat ini. “Dibanding dengan haze atau udara kabur, ini sudah cukup tebal. Cuma kan, dari Pekanbaru sendiri belum mengkategorikan ini sebagai asap, jadi ini masih bisa dibilang udara kabur, kita masih akan koordinasi lagi nanti,” tutupnya. (dh)

Bagikan:
Loading...