Dialog Langsung dengan Jokowi, Jamil Tumori Perjuangkan 3 Program untuk Rakyat

Bagikan:
Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori

Newtapanuli.com, SIBOLGA– Bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kota Sibolga, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori menyampaikan tiga hal penting.

“Dalam pertemuan kemarin, saya menyampaikan 3 hal dan ini harus diperjuangkan. Ketiga hal itu yakni bantuan bencana, pendirian universitas, dan soal perizinan kapal nelayan,” kata Jamil Zeb Tumori, Senin (16/3).

Menurut Jamil, hal itu disampaikannya langsung kepada Presiden Jokowi dan ke 3 hal penting itu mesti menjadi perhatian pemerintah pusat untuk kepentingan masyarakat Sibolga.

“Pertama, kita meminta Presiden Jokowi dapat mempercepat realisasi bantuan korban ledakan bom di Kota Sibolga yang membuat para warga setempat kehilangan tempat tinggal,” beber Jamil.

Permintaan lainnya, sambung Jamil, adanya dukungan dari Pemerintah Pusat untuk pendirian universitas di Kota Sibolga.

“Kita mengapresiasi dan meyakini komitmen besar dalam dunia pendidikan, khususnya oleh Katolik Sibolga layak dipertimbangkan demi mencerdaskan generasi bangsa,” sebut Jamil.

Dalam keterangannya, menurut Jamil, Universitas Berbelas Kasih Katolik Sibolga adalah yang dimaksudkan untuk mendapat izin dan dukungan Presiden demi pendiriannya. “Kita bermohon kepada Presiden Jokowi agar memudahkan perizinan pendirian universitas tersebut,” tegasnya.

Hal terakhir, Jamil menekankan pentingnya kelangsungan hidup nelayan Kota Sibolga, karena hasil laut adalah komoditas utama Sibolga.

“Pemerintah Kota dan DPRD Kota Sibolga sepenuhnya mendukung program pemerintah pusat soal kelautan. Namun masyarakat perlu mendapatkan akses dan pelayanan serta kemudahan pengurusan izin kapal belayan serta realisasi bantuan berupa alat tangkap ikan demi melanjutkan usaha kemaritiman di Pantai Barat khususnya bagi nelayan Kota Sibolga,” beber Jamil.

Menurut Jamil, Presiden RI Joko Widodo saat itu langsung memberikan jawaban terhadap 3 poin penting yang disampaikannya yakni, akan mencairkan bantuan dari Seketariat presiden untuk korban dan akan membantu percepatan pembangunan dari Kementerian PUPR.

“Soal universitas, beliau (presiden, red) akan menyuruh tim mempelajarinya dan mendukung pendirian universitas di Sibolga. Terkait soal perizinan kapal, presiden juga akan menurunkan tim dalam waktu 1 minggu ini ke Sibolga dan Tapanuli Tengah,” tandas pria yang juga menjabat Ketua Golkar Sibolga itu seraya berharap perjuangan itu berhasil demi kemakmuran negeri dan kebahagiaan rakyat Sibolga. (rb)

Bagikan:
Loading...