Bupati Tobasa Hadiri, Pembukaan Pengabdian BEM UMI di Sibisa

Bagikan:
Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian disambut dalam acara pengabdian BEM UMI di Sibisa.

New Tapanuli.Com – Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian MSc menghadiri acara pembukaan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Methodist Indonesia (UMI) di Sibisa, Rabu (28/2).

Acara yang diawali dengan kebaktian ini dipimpin oleh Pdt Estomihi Hutagalung STh. Dalam khotbahnya, Pendeta Estomihi menyampaikan agar pengabdian masyarakat yang digelar oleh BEM UMI ini dapat memberikan terang dan mamfaat bagi warga Sibisa sekitarnya yang telah ditetapkan jadi medan pelayanannya. “Saya yakin kegiatan ini tulus untuk melayani dan menjadi berkat bagi warga Sibisa,” ujar pendeta yang melayani di Gereja Methodist juga.

Ketua BEM UMI Batara K C Pangaribuan menuturkan, dasar utama kegiatan mereka di Sibisa. Dia berharap agar kehadiran mereka di tengah-tengah warga Sibisa dapat memberikan manfaat bagi warga.
“Apa yang kami pelajari di kampus akan kami implementasikan dalam kegiatan ini, sebab kami datang bukan untuk merakyat tapi sebagai rakyat,” paparnya.

Rektor Universitas Methodist Indonesia Ir Pantas Simanjuntak MM turun langsung dalam kegiatan BEM UMI ini. Dalam sambutannya Pantas memuji keterbukaan Pemkab Tobasa yang telah menjadi mitra pelayanan UMI. Dia juga menyampaikan bahwa dalam pengabdian masyarakat ini pihaknya menurunkan langsung beberapa dokter spesialis, dokter umum, doktor pertanian, ahli IT dan ahli ekonomi.

“Tim kami akan melayani di enam desa ini sampai beberapa hari ke depan, semoga kiranya masyarakat dapat terbantu mengatasi berbagai masalah termasuk masalah hama di bidang pertanian, kesehatan dan ekonomi,” ujar Pantas.

Ketua Fraksi Hanura DPRD Tobasa Syamsudin Manurung yang juga putra Sibisa berharap agar kerjasama yang dibangun tak hanya sebatas kegiatan semata, tapi dapat ditindaklanjuti dalam bentuk kerjasama yang lebih luas terutama di sektor pertanian.

“Tobasa 93 persen penduduknya adalah petani, saya harap sektor ini menjadi sasaran utama guna meningkatkan taraf hidup warga, terutama dalam berbagai kerjasama yang akan di bangun ke depan,” terang Saymsudin sembari mengkisahkan dirinya yang berhasil hanya dari pertanian saja.
Bupati Tobasa Ir.Darwin Siagian,MSi menyambut baik kehadiran seluruh tim dari UMI di Sibisa. Tak hanya itu, pemilihan Sibisa sebagai medan pelayanan diharapkan mampu mendorong pertumbuhan dunia pariwisata yang telah menetapkan Sibisa menjadi pusat BODT.

“ Sektor yang paling mudah meningkatkan perekonomian rakyat adalah sektor pariwisata, karenanya kepada warga Sibisa mari kita berbenah untuk menjadi bagian dari perubahan pariwisata yang lebih maju lagi,” tutur Darwin.

Sebelumnya, Bupati dan rombongan disambut dengan tortor somba dan pangurason yang dibawakan oleh mahasiswa binaan Juita Manurung pimpinan Rumah Belajar Inang Nauli Basa yang ada di Sibisa. Usai makan siang bersama acara dilanjutkan dengan seminar kewirausahaan dan pemutaran film dokumenter dari Dinas KB.

Kegiatan yang diadakan di Lapangan Sibisa ini dihadiri warga Sibisa sekitarnya. Turut hadir dalam acara ini Kadis Pertanian Tobasa Lintong Sitorus, Kadis Kominko Walker Siahaan, Kadis Kesehatan Raja Ivan Sinurat, Kadis Pendidikan Parlinggoman Panjaitan, Camat Ajibata Tigor Sirait, dan pangulu dari enam desa yang akan menjadi lokasi pelayanan BEM UMI ini. (ana/esa)

Bagikan:
Loading...