Tumbang Ubi, Penganan Khas Sibolga yang Mulai Langka

Tumbang Ubi, salah satu penganan khas Kota Sibolga.
LINE it!

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Kota Sibolga di Pantai Pesisir Barat, kaya akan kuliner. Namun, seiring perkembangan zaman, kuliner-kuliner khas itu banyak yang mulai langka. Salah satunya adalah tumbang ubi. Penganan khas ini kurang dikenal karena sudah sulit menemukannya.

Tumbang merupakan penganan berbahan dasar ubi talas yang disajikan bersama kuah santan. Ubi diolah dengan cara direbus, digiling halus lalu dicampur bumbu, kemudian dibentuk bulatan dan dikukus. Tumbang ubi talas yang sudah jadi bisa dinikmati langsung begitu saja, atau dicampur kuah dalam mangkok. Kuah ini berupa santan yang ditambah bumbu sehingga terasa gurih.

Di Sibolga, tumbang jadi langka karena kurangnya penjaja jajanan tradisional. Selain tumbang, beberapa jajanan khas Sibolga yang mulai menghilang dan cenderung langka di antaranya panggang geleng, mie gomak, kue panukut, kue moho, paruk-paruk ayam, kue talam dari Tarutung, hingga lappek bainti, dan masih banyak lagi.

Begitu pula kue bongkol yang dibuat dari tepung beras dicampur daun suji dan air pandan, lalu dicampur kuah santan dengan tambahan sedikit durian dibungkus daun pisang. Pada musim-musim tertentu semisal bulan Ramadan, barulah tumbang cukup mudah ditemukan. Sebab tiap bulan Ramadan, layaknya di kota-kota lain, penjaja makanan tumbuh menjamur. Salah satunya di kawasan Baringin. Jadi tak heran jika kue-kue basah tradisional macam tumbang banyak diincar pembeli.

Tak hanya tumbang, Kota Sibolga juga memiliki sejumlah penganan khas dari umbi-umbian. Salah satunya olahan ubi yang biasa disulap menjadi keripik, dan sering dijadikan oleh-oleh paling terkenal dari Sibolga. Keripik ini istimewa karena rasanya gurih dan nikmat, renyah di mulut, dan ada campuran ikan teri yang menambah kelezatan rasa.

Macamnya ada dua, keripik sambal dan keripik ikan asin atau teri. Khususnya ikan asin, Kota Sibolga memang memiliki beberapa kawasan industri pembuat ikan asin karena lokasinya yang berdekatan dengan laut.

Bahkan keripik olahan ubi asal Sibolga ini juga terkenal sampai Medan dan sering dijadikan oleh-oleh khas Medan. Di samping jajanan khas, Kota Sibolga yang berada di kawasan Teluk Tapian Nauli juga identik dengan makanan laut yang segar. Anda bisa mencicip sejumlah kuliner khas yang terkenal seperti panggang pacak, palai bada, gulai pakkek kapalo lauk, juga ikan gulai asam padeh. (***/int)

Loading...