Manfaat dan Etika Menyantap Sushi & Sashimi

Bagikan:
Nagoya Cuisine

NewTapanuli.com – Jenis makanan Jepang ini pasti sudah tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Apalagi kalau bukan sushi dan sashimi. Ternyata menurut penelitian yang ada, sushi dan sashimi memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dengan benar.

Itu tidak lepas dari bahan dasar membuat makanan itu salah satunya adalah ikan salmon yang kaya kandungan gizi serta omega 3. Dengan kandungan itu mampu memperbaiki metabolisme, mengurangi kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Serta yang tidak kalah penting adalah mampu meningkatkan efisiensi fungsi otak, memori, serta membantu memperbaiki tekstur kulit. ”Karena itu salmon yang kami sajikan di sini sangat fresh,” kata Naotaka Tokuhisa, Japanese Chef Nishimura Shangri-La Hotel Surabaya.

Pria yang baru saja pindah ke Indonesia itu menambahkan, makan sushi dan sashimi memiliki cara tersendiri. Di antaranya saat menambahkan kecap asin dan wasabi pada sushi. Yang terbaik menurutnya adalah celupkan bagian atas sushi (bagian ikan) bukan pada nasinya. Sebab, selain akan menambah kenikmatan rasa sushi juga mampu membunuh bakteri yang ada dalam ikan mentah.

”Pun begitu pada wasabi. Cukup oleskan sedikit di sushi. Tidak perlu terlalu banyak,” jelas dia.

Makan sushi pun, menurut Naotaka memiliki etika tersendiri. Contohnya saat menyuapkan sushi ke dalam mulut. Sebaiknya satu gigitan besar. ”Tapi kalau terlalu besar, bisa digigit sedikit demi sedikit tapi jangan diletakkan kembali ke piring. Karena itu setiap chef pasti membuat sushi dengan ukuran kecil,” kata pria murah senyum itu.

Kehadiran Naotaka di hotel bintang lima terbaik di Surabaya itu semakin memperkaya citarasa restoran di Shangri-La. Selain restoran Jepang, di hotel yang terletak di kawasan emas Mayjend Sungkono itu juga ada resto Italia dan Chinese.

”Mendatangkan chef terbaik dari Jepang langsung merupakan salah satu upaya kami memberikan pelayanan dan kualitas makanan terbaik bagi masyarakat. Kami ingin menghadirkan sushi yang benar-benar otentik Japanese,” kata Communication Manager Shangri-La Surabaya Renny Herwanto. (JPNN/pda)

Bagikan:
Loading...