Keliling 26 Pulau di Indonesia Bermodal Kantong Plastik

Bagikan:
Ketua YKAI Sally Sorongan dan Ncie saat kegiatan merajut bersama Ibu-Ibu yang anaknya terkena kanker.

Sulit dipercaya ada seorang yang berkeliling 26 pulau di Indonesia hanya berbekal kantong plastik. Namun, Ncie membuktikannya. Dia berkeliling puluhan pulau tanpa menggunakan tumpukan uang rupiah di dompet.

DIMAS NUR APRIYANTO – Jakarta

Kedua bola mata Ncie tampak bulat menatap langit-langit rumah Yayasan Kanker Anak Indonesia. Dia menyusun kembali ingatannya tentang pengalaman seru berkeliling ke 26 pulau di Indonesia hanya bermodal kresek. Sesekali dia menutup mulut untuk menyembunyikan suara gelak tawanya.

Ya, dia tak menyangka bisa melakukan hal seperti itu.  Bahkan, dia tidak pernah bermimpi bisa melakukannya.

Atas capaian uniknya, sebutan sang penakluk sampah plastik untuk Ncie tidak terlalu berlebihan. ’’Kenapa kok plastik? Karena ini gampang dicari. Di rumah kita, pasti ada kan,’’ katanya saat ditemui Jawa Pos pada 21 Juni. Ncie memang dekat dengan kresek. Rumahnya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selalu kosong karena ditinggalkan. Dia lebih banyak di luar rumah mengajari para perempuan agar berdaya melalui kresek.

Menurut dia, semua yang dijalaninya mengalir bagai air. Termasuk saat berhasil berkeliling ke 26 pulau di Indonesia. Semua berawal dari keahliannya merajut berbagai barang dari benang sejak 2011. Setelah mahir menggunakan benang, dia beralih ke bahan plastik. Nah, dari keahliannya itulah, dia menginjakkan kaki ke beberapa daerah. Menerima undangan dari berbagai kalangan yang penasaran dengan kemampuannya.

’’Saya kali pertama ke Lombok. Saya diundang salah seorang pemilik bank sampah. Di kaki Gunung Rinjani bersama suku Sasak di Lombok Timur,’’ katanya.

Di tempat itu, dia sempat sulit mencari limbah plastik. Sebab, permasalahan sampah plastik di pelosok dan pedalaman tidak ada. Mayoritas warga menggunakan pembungkus makanan dari alam. Misalnya, daun. ’’Permasalahan plastik ini kayaknya memang di kota-kota,’’ ujarnya.

Bagikan:
Loading...