Jokowi Diminta Tentukan Nasib Novanto

Int.
Setya Novanto
LINE it!

NewTapanuli.com – Koordinator Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) Ahmad Doli Kurnia meminta Presiden Joko Widodo segera menentukan nasib dari ketua umum partainya, Setya Novanto. Itu berkaitan dengan terseretnya nama Novanto dalam kasus korupsi e-KTP.

“Maka saya ingatkan Pak Jokowi, kalau Pak Jokowi  memang betul-betul ingin mendapat dukungan penuh dari Golkar dan menjadi kendaraan utama di 2019, ya mari dijaga juga Golkarnya. Dijaga dari apa? Segera tentukan nasib Pak Novanto ini,” pintanya dalam sebuah diskusi bertajuk ‘Refleksi 1 Tahun Partai Golkar Kepemimpinan Setya Novanto’ di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, suka tidak suka, Golkar saat ini sudah milik Jokowi. Sebab, partai beringin itu sudah menyatakan dukungan yang terlalu dini kepada Jokowi di Pilpres 2019. “Saham terbesarnya adalah saham Pak Jokowi. Karena memang diserahkan,” ucapnya.

Saat ini katanya muncul spekulasi pernyataan Novanto ke semua pihak dirinya akan aman karena sudah bertemu dengan Jokowi. Memang, Doli berpendapat bahwa secara konstruksi hukum sudah susah dinyatakan Novanto tidak terlibat dalam kasus tersebut. Bahkan sejumlah ahli hukum pun  menyatakan hal yang sama. “Susah untuk bisa tidak terjerat,” sebut Doli.

Novanto menurutnya hanya bisa bebas karena politik. Politik yang paling kuat untuk bisa mengamankan ini adalah istana. “Jangan lagi bermain-main. Karena kalau tidak, Golkarnya yang hancur. Segeralah Pak Jokowi, kalau memang masih sering diakui ketemu oleh pak Novanto, ya bilang nggak ketemu,” tegasnya.

Doli membuat analogi, ibarat bus, Jokowi adalah pemiliknya. Sementara Novanto saat ini adalah supirnya. Namun, bus tersebut sudah mau nabrak ke mana-mana. Termasuk ingin menabrak istana dengan isu antikorupsi. “Daripada ditabrakin terus, bisa jadi back fire, cepat ganti sopirnya,” pungkasnya. (jpg)