Modus Minjam, Pria Itu Gadaikan Kreta

NewTapanuli.com
Tersangka (pakai kaos garis-garis) dan barang bukti di Mapolres Sibolga.
LINE it!

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Berpura-pura meminjam sepeda motor (kreta) adalah modus pria ini. Setelah berhasil meminjam, tersangka lalu menggadaikan sepeda motor tersebut, uangnya buat berfoya-foya dan mabuk-mabukan.

Tersangka berinisial HSS alias K (29) warga jalan Kakap, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas. Sementara, korbannya adalah temannya sendiri yakni Marihot Sagala (23) warga Jalan Sudirman, Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, seorang security di Rumah Sakit Metta Medika.

Kapolres Sibolga AKBP Benny R Hutajulu dalam keterangan persnya disampaikan Kasubbag humas Iptu Ramadhan Sormin mengatakan, tersangka telah diamankan setelah menerima laporan dari korban, kemarin. Kepada penyidik, korban menceritakan kronologis kejadian bermula, saat dia bertugas jaga malam sekira pukul 23.50 WIB.

Saat itu, dia didatangi tersangka yang ingin meminjam kreta. Sempat korban menolak dengan alasan kretanya lagi rusak. Namun, dengan berbagai rayuan, korban akhirnya memberikan. “Lae mangkok stangnya sudah habis, stangnyapun sudah baling. kata korban menjawab tersangka. Tersangka pun merayu dan berjanji hanya pergi sejam saja. Akhirnya, korban pun memberikan kuncinya, dan tersangka pergi membawa kreta FU150 BB 3069 NL miliknya. Tapi, tersangka gak juga nongol padahal waktu yang sudah disepakati sudah lewat. Makanya, korban melaporkannya ke polres,” kata Sormin menceritakan keterangan korban.

Setelah menerima laporan, Kasat Reskrim, AKP Sutrisno memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan, dan berhasil menangkap tersangka. Pria ini kemudian digelandang ke Mapolres untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saat dikonfrontir, tersangka mengakui perbuatannya.

Menurut tersangka, kreta korban telah dia gadaikan sebesar Rp1.200.000 kepada warga Sibuluan. “Tersangka mengakui mengenal korban waktu orang tuanya di rawat di Rumah Sakit Metta Medika dan membenarkan telah meminjam kretanya. Kreta itu katanya sudah digadaikannya, kepada seseorang di Sibuluan,” ungkap Sormin lagi. Kini, tersangka ditahan di RTP Mapolres Sibolga. Dia dijerat pasal 372 KUHPidana tentang penggelapan dengan ancaman 4 tahun. (ts)