Bah… Kurir Sabu 316,26 Gram Divonis Bebas!!!

Riki/ MSG
Terdakwa kurir sabu saat berada di kantor polisi. Saat ini terdakwa divonis bebas oleh majelis hakim.
LINE it!

NewTapanuli.com – Gunawan alias Sigun (24), mahasiswa pelayaran yang sedang Peraktek Kerja Lapangan (PKL) di Kapal Fery Pesona Atlantik Zet Star yang ditangkap polisi, Selasa 17 Januari 2017 lalu karena kedapatan menyambi sebagai kurir sabu 316,26 gram, dijatuhi vonis bebas oleh Pengadilan Negeri Tanjungbalai pada sidang putusan yang digelar Kamis (8/6) lalu.

Vonis bebas itu dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Ulina Marbun SH MH yang merupakan ketua pengadilan Negeri kota Tanjungbalai yang beranggotakan hakim Forci Nilpa Darma SH MH dan hakim Erita Harefa SH.

Ketua Majelis Hakim Ulina Marbun SH MH didampingi dua anggota majelis menetapkan terdakwa Gunawan alias Sigun tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan alternatif ke satu, ke dua, ke tiga, ke empat dan ke lima.
Sehingga majelis hakim membebaskan terdakwa dari semua dakwaan penuntut umum. Dan menetapkan barang bukti 316,26 gram sabu sabu dirampas untuk dimusnahkan.

Sementara itu menanggapi putusan vonis bebas majelis hakim terhadap terdakwa Gunawan, JPU dari Kejari Tanjungbalai, Anggia Y Kesuma SH MKn menyatakan kasasi.

Jatuhnya vonis itu kembali membuat tanda tanya, dan curiga adanya permainan hukum di Pengadilan Negeri Tanjungbalai.

Karena pada sidang sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU ) menuntut terdakwa Gunawan dengan hukuman 15 tahun penjara denda Rp1 miliar subsidair 1 tahun penjara karena terbukti bersalah melanggar Pasal 112 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Selain itu saat ditangkap polisi Gunawan alias Sigun didepan awak media saat jumpa pers Rabu (18/1) mengakui sudah tiga kali melakukan hal itu dimana gunawan diupah hingga puluhan juta rupiah membawa narkotika jenis sabu sabu dari negara Jiran Malaysia
Namun ironisnya Gunawan divonis bebas. Keputusan pengadilan,membuat publik bertanya-tanya atas penanganan kasus tersebut.