Pencuri Sarang Walet Diringkus saat Beraksi

Darwis Halawa/ New Tapanuli
Kedua pelaku terduga pencuri sarang burung walet setelah diamankan Polsek Sibabangun.
LINE it!

NewTapanuli.com, TAPTENG – Saat beraksi melakukan pencurian sarang burung walet di Dusun III, Desa Pulau Pakkat, Kecamatan Suka Bangun, Tapanuli Tengah (Tapteng), dua pemuda asal Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ditangkap Polsek Sibabangun.

Kapolres Tapteng AKBP Hari Setyo Budi melalui Kapolsek Sibabangun Iptu Herman Ginting mengatakan, penangkapan terhadap dua pelaku pencurian sarang burung walet atas nama Rasoki Harahap (24) dan Rais Harahap (17), warga Desa Manompas, Kecamatan Muara Batangtoru, Tapsel, yang terjadi Rabu (7/6) lalu.

Dikatakan, pihaknya menerima informasi dari warga bahwa ada orang tak dikenal sedang beraksi di sebuah gedung.

“Sekira pukul 10.00 WIB, personel kita menerima informasi melalui telepon dari masyarakat bahwa di sana, di Dusun III, Desa Pulau Pakkat, terjadi pencurian sarang burung walet,” ujar Iptu Herman, Jumat (9/6).

Usai menerima informasi tersebut, ia dan beberapa personel lainnya menuju tempat kejadian perkara yang dimaksud. Setibanya di sana, mereka langsung masuk ke gedung sarang walet bersama beberapa warga.

“Setelah sampai di lantai tiga, personel kita menemukan dua orang laki-laki lagi jongkok. Selanjutnya langsung diamankan dan kedua orang yang diduga pelaku pencurian sarang burung walet itu selanjutnya dibawa bersama barang bukti ke Polsek Sibabangun guna proses lebih lanjut,” katanya.

Adapun barang bukti yang diamankan adalah beberapa alat yang digunakan untuk memanjat tebing bangunan sarang burung wallet, seperti tali tambang sepanjang 14 meter yang di ujung tali diikat besi bulat berbentuk leter U, 3 potong besi bulat sepanjang 50 cm dan 1 gulung tali nilon warna hijau sepanjang 30 meter,” katanya.

“Hingga saat ini, kedua pelaku ditahan untuk menjalani proses lebih lanjut guna mempertanggungjawabkan perbuatan mereka,” imbuhnya. (dh/ara)