Stok Beras Cukup Hingga Enam Bulan

Ist
Ilustrasi
LINE it!

NewTapanuli.com, SIBOLGA -Kepala Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Sibolga, Berdian Damanik, mengatakan bahwa stok beras yang ada di gudang Bulog Sibolga dipastikan tahan hingga enam bulan ke depan, dan penambahan sebanyak 1.000 ton lagi dalam waktu dekat.

“Tambahan sebanyak 1.000 ton untuk ketahanan pangan kita akan masuk lagi tanggal 25 Mei 2017 mendatang. Dengan demikian, kita menjamin bahwa ketersediaan stok beras tidak ada masalah,” kata Berdian Damanik menjawab pertanyaan Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, ketika melakukan sidak bersama Forkopimda, Selasa (16/5) lalu.

Dengan ketersediaan pasokan tersebut, pihaknya siap mendukung kegiatan operasi pasar apabila suatu saat diminta oleh pemerintah. “Kapan saja diperlukan, kita sangat siap mendukung kegiatan operasi pasar itu apabila diminta oleh pemerintah,” katanya.

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, mengungkapkan bahwa pihaknya baru saja menggelar rapat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan beberapa instansi serta lembaga terkait. Kemudian dilanjutkan sidak ke pasar dan lokasi strategis lainnya, untuk meninjau perkembangan harga pasar.

Hasilnya, ketersediaan stok bahan pokok cukup. Harganya juga masih stabil dan belum ada kenaikan. “Kita sudah tinjau gudang Bulog, kualitas berasnya bagus dan pasokannya dinyatakan aman hingga enam bulan ke depan. Kita juga sudah mengecek harga ke Pasar Sibolga Nauli, harga-harga masih stabil,” ujarnya.

Dia menambahkan, harga kebutuhan pokok di Sibolga terpantau normal. Termasuk beragam jenis bumbu dapur semisal cabai merah, bawang merah dan lainnya. Hanya bawang putih impor yang terlihat mengalami kenaikan hingga mencapai Rp50 ribu per kilo. “Kita akan terus melakukan pemantauan melalui petugas pasar, dibantu petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sibolga. Kita minta petugas rutin memberikan laporan setiap hari,” tegasnya. (rb/nt)