PLN Percepat Peningkatan Pelayanan

Ist
PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero
LINE it!

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Doloksanggul membentuk posko sementara di Kecamatan Tarabintang untuk mempercepat pembersihan jaringan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan bagi pelanggan listrik.

Manager PLN Rayon Doloksanggul Binsem Situmorang mengatakan, dari 600 kilometer panjang jaringan listrik Rayon Doloksanggul, yang paling rawan gangguan adalah di Kecamatan Tarabintang, yakni Mungkur, Rumbia, Simbara dan Cingkam.

“Kita melihat potensi gangguan lebih besar di sana, sementara jarak tempuh dari rayon cukup jauh dan tenaga terbatas. Setelah kami kaji, maka kami ambil inisiatif membentuk posko sementara dengan menugaskan empat orang tenaga pelayanan teknik dengan mengoptimakan tenega yang ada, yakni satu orang dari rayon Doloksanggul serta satu orang dari tiap kantor pelayanan, yaitu Parlilitan, Onanganjang dan Pakkat, karena tenaga kita terbatas,” jelas Binsem di kantornya, Rabu (14/6).

Binsem mengharapkan, pembersihan jaringan tersebut dapat tuntas dalam satu bulan sehingga pelanggan listrik merasa nyaman atas pelayanan PT PLN.

“Kita harapkan dapat tuntas dalam waku satu bulan dari sekarang. Saat ini kondisinya sudah 80 persen, tinggal di Mungkur, Rumbia, Simbara dan Cingkam. Sementara Parlitan hanya arah Huta Galung ,” ujarnya.

Menurut Binsem, ada beberapa kendala yang dihadapi petugas di lapangan yang menyebabkan kegiatan agak lambat, di antaranya kurangnya kesadaran masyarakat untuk merelakan pohon miliknya ditebang. Selain itu, medan yang berat dan sistem tebang tuntas juga membutuhkan banyak waktu.

Binsem meminta kepada warga agar maklum jika ada pemadaman di daerah-daerah pembersihan jaringan yang sedang berlangsung. Dan, kepada masyarakat yang memiliki pepohonan di sekitar jaringan milik PLN, diimbau agar rela jika pohon ditebang oleh petugas.
“Itu demi kebaikan bersama. Dan, perlu kami ingatkan, jika dibiarkan, hal itu perpotensi membahayakan listrik bagi warga itu sendiri,” tandasnya. (sht/ara)