Dugaan Pelanggaran PLTMH Mega Power Mandiri: DPRD Humbahas Didukung Bentuk Pansus

Sunday Sihotang/ New Tapanuli
Power House Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM ) milik PT Mega Power Mandiri di Desa Sionom Hudon Selatan, Kecamatan Parlilitan.
LINE it!

NewTapanuli.com, HUMBAHAS – Kordinator Daerah LSM Indonesian Corruption Watch (ICW) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Budiman Siambaton mendukung Komisi C DPRD Humbahas secepatnya membentuk panitia khusus (pansus) untuk menindaklanjuti temuan dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan PLTMH Mega Power Mandiri yang berlokasi Simarhilang, Desa Sionom Hudon Selatan, Kecamatan Parlilitan.

“Apa yang menjadi kewenangan DPRD harus dilakukan. Kalau memang harus dibentuk pansus, kita dukung. Sebab, jika temuan Komisi C dalam kasus PLTMH Mega Power Mandiri benar, negara telah dirugikan,” kata Buduman dalam keterangan persnya di Doloksanggul, baru-baru ini.

Diakatakan, PLTMH Mega Power Mandiri dalam hal ini tidak mendukung program pemerintah karena telah melakukan pembohongan publik.

“Bagaiman tidak, mereka menaikkan daya tanpa sepengetahuan pemerintah serta tidak membayar pajak bangunan. Sebenarnya, dalam hal ini pemerintah telah kecolongan,” ucapnya.

Budiman menambahkan, selain mendukung pembentukan pansus, dia juga meminta agar pemerintah bersikap tegas dengan menindaklanjuti temuan tersebut.

Apabila temuan Komisi C terbukti, maka pemerintah harus memberi sanksi tegas kepada PLTMH Mega Power Mandiri serta melaporkan hal tersebut ke aparat hukum.

“Pemerintah kenapa diam? Pemerintah harus tegas karena dalam hal ini negara telah dirugikan,” tegasnya.

Lebih lanjut Budiman mengatakan, bila pemerintah tidak bersikap tegas, pemerintah dianggap bermain mata dengan pihak perusahaan.